| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Wednesday, June 27, 2012

On 10:44:00 PM by Unknown in ,    No comments

Ilustrasi Facebook dan Fan Page
Terdapat banyak cara yang bisa digunakan ketika ingin berbagi tautan atas artikel di blog yang kita kelola ke Facebook atau Fan Page, termasuk diantaranya adalah dari cara manual sampai dengan cara otomatis. Cara manual dapat saja kita lakukan dengan memanfaatkan tombol berbagi yang ada di halaman artikel, ataupun dengan langsung melakukan copy-paste atas URL artikel yang ingin kita bagikan.

Namun bila kita menggunakan cara manual seperti pada uraian di atas, tentunya menjadi kurang efektif karena kita harus login atau masuk ke Facebook terlebih dahulu baru kemudian membagi tautan yang kita inginkan. Sehingga akan lebih efektif bila kita melakukannya dengan cara yang kedua, yaitu menggunakan cara otomatis.

Lantas bagaimana caranya agar kita dapat berbagi tautan atas artikel yang terdapat di blog yang kita kelola untuk dikirimkan ke Beranda Facebook atau Fan Page? Cara yang paling mudah untuk berbagi tautan ke Facebook atau Fan Page adalah dengan menggunakan salah satu aplikasi untuk Facebook, dalam hal ini adalah aplikasi RSS Graffiti.

Dengan menggunakan aplikasi RSS Graffiti berarti kita tidak perlu repot-repot lagi masuk ke Facebook terlebih dahulu ketika akan membagikan sebuah tautan ke dinding profil maupun halaman penggemar (Fan Page). Hal ini dikarenakan RSS Graffiti secara otomatis akan mengirimkan tautan tersebut apabila terdeteksi ada artikel baru yang diterbitkan pada blog yang kita kelola. Sementara itu untuk menggunakan dan memanfaatkan aplikasi RSS Graffiti, langkah-langkahnya adalah seperti dalam uraian di bawah ini.
  1. Login ke akun Facebook Member P.I.C.
  2. Setelah Member P.I.C masuk ke Facebook, selanjutnya buka http://apps.facebook.com/rssgraffiti/
  3. Berikan otorisasi pada RSS Graffiti dengan mengeklik tombol ‘Click HERE to authorize RSS Graffiti’, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
    Ilustrasi Pemberian Otorisasi RSS Graffiti
  4. Pada tampilan halaman berikutnya, yaitu tentang ‘Permintaan Izin’ klik tombol ‘Izinkan’.
    Ilustrasi Pemberian Izin RSS Graffiti
  5. Langkah berikutnya adalah menambahkan URL Feed dari blog yang kita kelola dengan mengeklik tombol ‘+ Add Feed’.
    Ilustrasi Add Feed

    Yang selanjutnya tampilan akan berubah menjadi seperti gambar di bawah ini.
    Ilustrasi Feed URL Pada RSS Graffiti
    Dimana pada bagian tersebut yang harus kerjakan adalah memasukkan URL Feed dari blog yang kita kelola serta menentukan setelan lain yang sekiranya perlu dilakukan perubahan. Dan perlu diketahui pula bahwa URL Feed default untuk Blogger atau Blogspot adalah http://NAMABLOG.blogspot.com/feeds/posts/default. Sehingga URL inilah yang dimasukkan pada kolom ‘Feed URL’, dengan terlebih dulu mengganti kata NAMABLOG dengan nama blog yang Member P.I.C kelola.
  6. Klik tombol ‘Save’
Dengan demikian maka kita tidak perlu repot-repot lagi membagikan tautan dengan terlebih dulu masuk ke Beranda Facebook atau Halaman Penggemar (Fan Page), karena aplikasi RSS Graffiti akan menanganinya secara otomatis. Tiap kali ada artikel baru yang kita terbitkan di blog yang kita kelola, maka aplikasi RSS Graffiti akan membacanya dari Feed URL dan mengirimkannya secara otomatis sesuai dengan setelan yang telah kita atur untuk aplikasi tersebut.


Sumber: http://eltelu.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif !
• Dilarang ngiklan di kolom komentar !
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]>