| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Friday, July 6, 2012

On 1:47:00 PM by Unknown in ,    No comments


Pernahkah Member P.I.C semua mengalami kejadian flashdisk seperti ini:
Flashdisk sudah terkoneksi dengan Komputer , namun saat dibuka flashdisknya muncul pesan “ Please insert a disk into drive F:. ”
Selalu minta format padahal tidak bisa diformat ??.
Kapasitas flashdisk 0 byte tipe RAW.
Cerita sangat tragis ini pernah saya alami sudah lama sekali. Flashdisk saya 8GB merk King**** rusak tidak terbaca.
Setiap kali terhubung dengan komputer selalu minta format, tetapi gak bisa diformat (bingungkan??). Dilihat kapasitasnya 0byte tipe RAW. Hah ?? 8GB Cuma kebaca 0Byte. Aneh banget..


Semenjak kejadian itu saya selalu nongkrong di layar monitor mencari masalah yang saya alami di internet. Setelah mencari sana sini akhirnya, saya menemukan sebuah blog yang membahas masalah yang saya alami. Setelah membaca sana sini dapat disimpulkan bahwa


Masalah seperti ini sangat sering terjadi di flashdisk yang jarang di rawat atau karena faktor-faktor lain, sehingga membuat IC controller di flashdisk error dan tidak dapat terbaca oleh Komputer.

Lalu saya mencoba apa yang ditulis disitu dan Horeeee… Flashdisk saya yang sudah mati beberapa minggu akhirnya kembali dengan selamat. Flashdisk saya tambah lebih cepat, lebih besar kapasitasnya dan tentunya kedetek lagi sama Komputer saya.
Alhamdulillah ya sesuatu..


Bagaimana memperbaikinya???
Perhatikan cara-cara berikut ini, jangan ada yang terlewatkan satupun !

  1. Koneksikan Flashdisk yang rusak dengan komputer Member P.I.C.
  2. Kita perlu tahu PID (Product ID) dan VID (Vendor ID). Dengan bantuan software bernama USBView.exe (Download DISINI)
  3. Jalankan program
  4. Lihat di sebelah kiri. Port berapa flashdisk yang rusak Member P.I.C terdeteksi.
    Contoh : 
    [port7] Device Connected : USB Mass Storage Device
    Klik kanan >> Open New Tab, Untuk memperbesar

    Lihat id Vendor dan id Product-nya. Contoh :
    id Vendor 0x1234
    id Product 0x5678

    Ambil 4 digit terakhir. Jadi :
    id Vendor 1234 
    id Product 5678

  5. Setelah itu simpan digit tersebut. Lalu buka website Flash Disk, website dari rusia untuk mengganti id Vendor dan id Product FlashDisk Member P.I.C. (kalau gak ngerti pake google translate aja..)
  6. Masukan digit tersebut dikolom VID dan PID tekan tombol disebelah kanan kolom tersebut (HaNTN )

    Klik kanan >> Open New Tab, untuk memperbesar

  7. Disana akan tertera semua jenis flasdisk dan kapasitas. Sesuaikan dengan nama, jenis dan kapasitas flashdisk Member P.I.C.
  8. Copy nama software dikolom “YTNrNTa” (kolom paling sebelah kanan yang isinya software dari FD tersebut). 

    Contoh : nama software untuk FD saya "
    3S_USB6690_OnCardSorting_V4.024.zip"

    Sesuaikan dengan nama, jenis dan kapasitas flashdisk Member P.I.C.
  9. Paste di google dalam kolom pencarian
  10. Cari software tersebut dan download (Karena setiap flashdisk berbeda software, saya hanya menjelaskan secara biasa)

    Ini adalah software untuk flashdisk saya. Tinggal klik START untuk memperbaikinya
  11. Jalankan software tersebut dan tunggu beberapa menit. Flashdisk Member P.I.C akan kembali seperti semula.

Note :

  • Untuk menghindari kejadian hal yang sama sebaiknya rawat flashdisk dengan benar, lindungi dari suhu yang ekstrem dan kebasahan, checkdisk/scandisk secara berkala, check bad sector, pastikan remove USB sebelum mencabut flashdisk.
  • Karena masing-masing flashdisk beda vendor jadi saya nggak jamin kalau ada apa-apa di komputer/hardware agan, akibat mengikuti tutorial saya..

LAKUKAN HAL INI DENGAN RESIKO Member P.I.C SENDIRI.


Mohon maaf bila bahasanya Ribet dan Memusingkan banget. Karena saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Terimakasih semoga membantu.


Beberapa pertanyaan seputar Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Q: Kalau Micro SD bisa gak??
A: Wah kalau itu belum pernah saya coba, kalau mau pake cara diatas boleh-boleh saja.


Q: Bisa gak nih caranya??
A: work 100% buktinya itu diatas flashdisk saya sampai sekarang masih hidup di dunia.


Jika Member P.I.C punya pertanyaan, jangan sungkan-sungkan untuk coment. Ingatlah kata Pepatah "Malu Bertanya Sesat Di Jalan"

0 comments:

Post a Comment

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif !
• Dilarang ngiklan di kolom komentar !
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]>