| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Friday, September 7, 2012

On 12:25:00 AM by Muhammad Abdurrahman in ,    No comments

Berkaitan dengan SEO, sebelumnya saya pernah informasikan tentang Mengatur Meta Tag kaitannya dengan Fungsi dan Cara Mengatur Meta Tag. Berikut saya informasikan cara sederhana lain yang dianggap dapat membantu SEO, yaitu dengan mengaitkan tulisan-tulisan yang ada dalam blog kita.
Mengaitkan tulisan dalam blog yang saya maksud di sini adalah membuat link-link dalam tulisan/artikel/posting kita yang mengarah ke tulisan kita yang lainnya. Sebagai contoh dapat dilihat dalam tulisan yang dibuat Arie di Ariawijaya.com ini, kalo dilihat hampir seluruh tulisan yang dia buat di dalamnya pasti ada link ke tulisan dia lainnya (seperti dalam tulisan ini pada paragraf pertama saya membuat link pada kata Mengatur Meta Tag).
Tujuan utama dari link yang dibuat ini adalah, agar pada saat robot dari search engine (Google, Yahoo, Bing, atau search engine lainnya) melakukan crawling pada tulisan ini, maka otomatis akan mengikuti link yang ada dalam tulisan dan masuk ke tulisan tersebut, dan jika dalam tulisan tersebut ada link lain lagi, maka robot search engine akan mengikutinya lagi, demikian seterusnya.
Dalam ilustrasi di atas dapat dilihat, artikel 1 mempunyai link ke artikel 2, 5, dan 6artikel 2 mempunyai link ke artikel 4 dan 6artikel 3 mempunyai link ke artikel 5artikel 4 mempunyai link ke artikel 2 dan 3; artikel 5 mempunyai link ke artikel 4 dan 6; sedangkan artikel 6 mempunyai link ke artikel 3 dan 5. Enam artikel tersebut saling terkait melalui link-link di dalamnya. Dengan demikian search engine akan masuk ke semua tulisan yang terkait tersebut dan mengindeks-nya. Semakin banyak artikel kita yang diindeks oleh search engine, berarti semakin besar juga kemungkinan artikel (konten blog) kita muncul dalam hasil pencarian dengan keyword tertentu.
Selain bermanfaat bagi SEO, pembuatan link ini juga bermanfaat bagi pengunjung biasa (bukan robot search engine), karena membantu dan memudahkan dalam mendapatkan referensi lain yang terkait dengan tulisan yang sedang dibaca.
Untuk cara membuat link ini sendiri kita bisa memanfaatkan fungsi link (hyperlink) dalam panel editor Blogspot ataupun WordPress, atau bisa juga membuatnya secara manual dengan tag a href .
Yang harus diingat dalam pembuatan link ini adalah, pemilihan kata atau tulisan yang akan dibuat jadi link aktif sebisa mungkin memang berkaitan dan bisa mewakili artikel pada link tujuan.
Demikian temen-temen informasi singkat tentang manfaat pembuatan link kaiatannya dengan SEO. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif !
• Dilarang ngiklan di kolom komentar !
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]>