| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Wednesday, December 26, 2012

On 9:34:00 AM by Unknown in ,    No comments

TIPS UNTUK MENGURANGI STRESS & MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS



Manajemen Waktu dengan BaikSadarkah kita bahwa berbagai proyek di tempat kerja telah menekan kita? Atau kita terlalu fokus terhadap pekerjaan tersebut? Apakah kita merasakan bahwa hari-hari berlalu tanpa menfokuskan pekerjaan

yang paling penting dari berbagai tugas yang diberikan atau bisa dikatakan kita melakukan segala kegiatan tersebut tanpa terorganisir.

Kita pasti tahu solusi dari semua hal diatas adalah menerapkan manajemen waktu yang efektif, sehingga setiap hari kamu mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Selain itu, manajemen waktu juga memberikan keuntungan yang sangat penting bagi kesehatan. Dengan mengatur waktu secara bijaksana, kita dapat memperkecil tingkat stress dan meningkatkan mutu hidup kita.

Tetapi bagaimana kita mendapatkan kembali mutu hidup itu ketika ketrampilan mengorganisir tidak datang secara alami ? Untuk memulainya, pertama pilih beberapa tips yang akan diuraikan dibawah, lakukan selama dua atau empat minggu dan lihat hasilnya akan menguntungkan. Jika demikian, pertimbangkan untuk menambahkan yang lain. Jika tidak membantu, coba cara yang berbeda.

Beberapa tips itu adalah :

* Lakukan perencanaan untuk setiap harinya. Dengan merencanakan apa yang akan kamu lakukan atau kerjakan setiap harinya, akan membantumu melakukan kontrol terhadap hidupmu. Tulis dalam daftar
setiap pekerjaan yang akan kamu lakukan, letakkan dalam daftar pertama hal yang paling penting akan kamu lakukan. Simpan jadwal aktifitas harianmu untuk memperkecil konflik dan keadaan mendesak.

* Prioritaskan tugasmu. Seperti orang banyak lainnya, kamu mungkin telah membuang waktu terbesarmu untuk melakukan tugas yang paling mudah kamu lakukan. Dengan menentukan prioritas, dipastikan kamu akan menghemat waktu dan energi, yang sungguh-sungguh paling baik bagimu.

* Katakan tidak untuk tugas apapun yang tidak penting. Pertimbangkan manfaatnya dan perhatikan jadwal sebelum kamu menyetujui untuk menerima pekerjaan tambahan.

* Delegasi. Perhatikan daftar apa yang akan kamu kerjakan dan pertimbangkan apa yang dapat kamu delegasikan kepada orang lain.

* Berikan waktu yang lebih banyak untuk pekerjaan bermutu yang kamu lakukan. Lakukan pekerjaan yang paling penting dan memerlukan waktu lebih banyak dibandingkan pekerjaan lainnya. Tetapi perlu dipikirkan, jika waktu diberikan itu lebih banyak untuk memperbaiki kesalahan atau memang untuk mengerjakan keseluruhan pekerjaan.

* Buatkan skala prioritas, tugas yang paling besar dan memakan waktu banyak hingga ketugas yang paling kecil.

* Praktek selama 10 menit. Selesaikan suatu pekerjaan dalam tempo 10 menit, setiap harinya. Sekali kamu memulai hal itu, maka kamu akan dapat menyelesaikan seluruh pekerjaanmu.

* Evaluasi bagaimana kamu menghabiskan waktumu. Kamu harus mempunyai buku catatan harian segala apa yang kamu lakukan dalam tiga hari, untuk mengetahui bagaimana kamu menghabiskan waktumu. Cari waktu yang tepat untuk dapat mengevaluasi segalanya.

* Berikan waktu antara istirahat dan latihan. Fokus dan konsentrasi harus ditingkatkan untuk membantu meningkatkan efisiensi sehingga kamu dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa banyak membuang
waktu.

* Berikan waktu untuk pelatihan manajemen. Jika atasanmu memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, pilihlah kelas manajemen. Jika tempat bekerjamu tidak mempunyai pilihan tempat
pelatihan, carilah perguruan tinggi atau program pendidikan masyarakat di wilayahmu.

* Istirahat sejenak ketika diperlukan. Terlalu banyak tekanan dapat menggelincirkan usahamu menjadi tak terorganisir. Jika kamu memerlukan suatu istirahat, lakukanlah. Berjalan-jalan atau ambil
cuti.

Jika kamu berpikir terlalu rumit untuk melakukan berbagai tips diatas, berarti sudah waktunya kamu meminta bantuan. Apakah kamu merasakan hidupmu benar-benar sudah tak bisa dikuasai ? Jika demikian, hubungi penyelia karyawan ditempatmu bekerja atau berkonsultasilah dengan profesional yang dapat mengatasi kesulitanmu.
(sumber : Mayoclinic/Idh)

0 comments:

Post a Comment

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif !
• Dilarang ngiklan di kolom komentar !
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]>