| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Saturday, April 27, 2013

On 11:16:00 PM by Unknown in    2 comments
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh..
Hello Sahabat Biell yang udah stay tune di sini (emangnya radio ya :D), hari ini saya mau kasih informasi aja mengenai Update Blogger[dot]com.

Yaps, siapa sih yang ga kenal sama Blogger[dot]com? Saya yakin, banyak dari kalangan Penulis Muda yang berhasil mencetak buku berawal dari kegiatan menulis di Blog.
Blog sendiri ada berbagai macam, tapi yang paling HEBOOH dan terkenal adalah Blogger[dot]com dan juga WordPress[dot]com. Blogger[dot]com adalah salah satu konten yang di sediakan oleh Google.

Awal Berdirinya Blogger



Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.

Pada bulan Februari 2003, dikarenakan kepopulerannya, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini menyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis.

Pada tahun 2004, Google mengenalkan layanan barunya “Picasa”, yaitu sebuah aplikasi untuk mengorganisir dan mengedit foto digital. Layanan ini kemudian diintergrasikan dengan utility sharing foto Hello ke dalam layanan Blogger, sehingga memungkinkan seorang pengguna blogger untuk memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuatnya.

Pada tanggal 9 Mei 2004, “Blogger” mendesain ulang tampilan utamanya, berbagai perubahan dilakukan di dalam Blogger dengan menambahkan berbagai fitur seperti web standards-compliant template, halaman arsip individu untuk posting, komentar dan posting menggunankan email.

Pada tanggal 14 Agustus2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dalam “versi beta” dengan kode “invader”, bersamaan dengan rilis versi Gold. Ini membuat berpindahnya pengguna Blogger ke server Google dan disertai dengan ditambahkannya beberapa “fitur baru” di dalamnya.

Dalam bulan Desember 2006, akhirnya versi terbaru Blogger tersebut tidak lagi dalam “versi beta” dan dalam “bulan Mei 2007″, Blogger telah benar-benar berpindah ke server Google (Berbagai Sumber)

Nah, pada tahun ini (2013) blogger sendiri sudah meng-update beberapa konten dan yang paling menonjol adalah ketika Sobat Blogger Biell memasuki kawasan Edit HTML tepatnya saat akan meng-eksekusi beberapa code tidak penting atau menambah beberapa code.
Di bawah ini adalah tampilan Edit HTML blogger versi lama dan baru :
Versi 2009-2011



Versi 2011-2012
Versi Sekarang - Ga tau kapan
Yang masih bingung tenang aja, saya kasih tau apa makna gambar Edit HTML sekarang. Jadi jika sobat ingin mencari code seperti data:post seperti saya, agar mempermudah memang menggunaka CTRL+F atau F3, tapi versi sekarang berbeda. Jika sobat belum menge-klik pada tengah-tengah code dan langsung menekan CTRL+F atau F3 maka hasilnya seperti yang anak panah pertama (paling atas) dan sangat jelas hasilnya adalah 0 dari 0 karena codenya tidak ditemukan. Tapi jika sobat sudak menge-klik di tengah-tengah code maka hasilnya adalah anak panah kedua dan hasilnya adalah yang saya lingkari.

Mungkin lebih ribet, tapi ada keuntungannya loh. Apa itu mas? Sobat Blogger Biell bisa melihat tulisa Melompat ke Widget? Nah disitulah keuntungannya, kita bisa langsung masuk ke code Widget yang kita cari.

Mungkin sekian dulu Informasi Blog dari saya. Semoga Blogger[dot]com di kemudian hari tidak mempersulit kembali. Sekian, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ^^

Keep Spirite Blogging

2 comments:

  1. @svshare7 : Mudah kan kang :D
    Di awal mungkin juga semua bingung, tapi kalo mau belajar pasti ngerti dan ternyata malah membuat mudah semua orang karena di tambah fitur Lompat ke Widget.

    ReplyDelete

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif !
• Dilarang ngiklan di kolom komentar !
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]>