| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Thursday, August 22, 2013

On 9:57:00 PM by Unknown in    5 comments
Assalamu'alaikum Sobat Bs, hari ini saya datang kembali setelah membawa kesibukan untuk kembali menuntut ilmu di sekolah. Lupakan hal itu sementara, kita kembali kepada SEO.

Weiks... Kok SEO lagi, bukannya yang King itu Konten, bukan SEO-kan?
Konten itu memang RAJA, tapi aku jelas ga bisa banyak share, gimana sih membuat konten yang bagus untuk calon pengunjung atau pengunjung? Itu tergantung kalian masing-masing, tujuan kalian menghampiri Dunia Blog ini untuk apa? Just for fun, atau mencari uang-kah? up to you, terserah kalian.

Oke, kita kembali lagi.
Ingat ! Ratu itu juga seorang yang penting dalam kerajaan, jika sang Raja sakit, maka Ratu yang akan menghadiri undangan/acara yang telah diadakan. So, SEO itu juga penting, tapi lebih penting jika Sobat melihat konten yang Sobat share.
Teknik SEO yang benar dan baik
SEO is Queen

Teknik ini saya dapatkan dari forum Diskusi Blogger Pemula. Jika sobat sering mendapati Optimasi On-page, Off-page dari beberapa forum diskusi, cobalah nut ATM (amati, tiru, modifikasi)....

1. Optimasi On-page:

- Buat artikel yang berbobot, bukan hanya enak dibaca oleh mesin pencari tapi enak juga dibaca oleh manusia sehingga nanti pengunjung mempunyai niat untuk membagikan artikel yang kita buat di situs jejaring sosial (di forum/grup yang membahas mengenai SEO sekarang banyak yang mengatakan bahwa sosial media mendapatkan perhatian dari mbah google). Selain itu, artikel kita juga bisa dijadikan rujukan. Saya bahkan mendapatkan backlink dari situs-situs pemerintah .go.id untuk artikel yang saya buat (kebetulan yang bertema daerah/wisata)
- Panjang artikel yang biasa saya buat diatas 500 kata.
- Masukkan related keyword dalam artikel yang dibuat (kalau saya biasa membuat heading related keyword apalagi yang pencariannya lumayan banyak).
- Perhatikan ! :

  1. h1, h2, h3, 
  2. Image gambar mengandung kata kunci
  3. Desntiy keyword yang menjadi patokan saya 1,5% sd 2,4% (paling tinggi)
  4. Title, url, meta tag mengandung keyword
  5. Keyword terletak di paragraf pertama dan terakhir

- Karena saya penggunaka WP maka saya menggunakan panduan Onpage plugin WPSEO
- Terus, gimana kalau tidak bisa buat artikel yang bagus secara on-page dan enak dibaca manusia atau ngga mau ribet? Sewa saja jasa penulis artikel... Kalau ngga punya uang? Nabung dong bro....

Selesai buat artikel yang on-pagenya bagus, saatnya mencari backlink...
Backlink biasanya saya berikan diatas 2/3 hari setelah artikel di index oleh mesin pencari dan saya biarkan artikel ini di index secara natural jadi ngga kebelet ping sana sini (ini hanya pemahaman saya sendiri,,,,,) setelah itu....

Kalau persaingannya tidak ketat, artikel kita bisa langsung masuk page one tanpa backlink...

2. Optimasi Off-page:

- Cari backlink
Gimana cari backlink? Usahakan backlink didapatkan secara natural jangan membabi buta... Perhari saya biasanya hanya mencari backlink maksimal 15 backlink... Karena blog saya berbahasa Indoensia, maka saya mencari backlink dari situs berbahasa Indonesia. Akan lebih bagus jika backlink didapatkan dari situs/blog yang memiliki nice yang sama

- Manfaatkan forum-forum/web besar yang ber-PR atau PageRank tinggi mengijinkan kita memposting artikel sambil meletakkan link. INGAT JANGAN SPAM ! Agar supaya artikel tidak dihapus, saya biasanya memposting di website/forum ini dengan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi pembaca dan tidak terkesan kita hanya mencari backlink. Dengan begitu, link/artikel yang kita buat tidak dihapus oleh moderatornya.

Website/forum mana saja itu? Contohnya kompasiana dan kompas forum...
forum yang lain? Googling aja, liat media online besar di indonesia kan rata-rata memiliki forum

- Cari backlink dari sosial bookmark
untuk backlink dari sosial bookmark kita harus berhati-hati.
Kenapa? Karena ketika kita mencari backlink dari sosial bookmark, ini bisa terjadi double duplicate atau lebih akrab dengan Duplicate Content. Jadi, berhati-hatilah memilih sosial bookmark yang baik dan benar.

- Cari backlink dari blog comment high PR (niche terkait dengan keyword lebih disarankan). Saya tidak memperhatikan PR homepagenya, tapi PR URL postingnya.
- Backlink to backlink. Jadi backlink yang kita buat, misalnya dari kompasiana dan forum dikasih backlink lagi (saya biasa menggunakan backlink dari sosial bookmark dan situs sosial media untuk hal ini). Tidak semuanya backlink yang saya cari bersifat dofollow. Saya biasanya mencampurnya dengan backlink nofollow.

Untuk backlink, selama ini saya tidak menggunakan software. Anda mungkin berpikir, waduh cape dong cari backlink? Jelas capek bro... Tapi rasa lelah berganti dengan tawa bahagia ketika melihat URL kita nongkrong dihalaman 1 google apalagi nomor 1.

3. Sosial Media Optimization (SMO)

Optimasi situs Sosial Media, ini yang aku janjikan buat kamu yang udah baca artikel Bongkar Rahasia SEO para Master. SMO bisa kita sebut optimasi sosial media, misalnya twitter, facebook, g+, pinterest, dan lain-lain.

Ada seorang blogger dengan inisial BE, memberikan sedikit cerita tentang SMO yang dilakukannya.

Untuk hal ini saya buat beberapa akun untuk 1 situs sosial media. Capek dong mengelolahnya? Kalau yang ini saya pake tools. namanya hootsuite (Saya ambil yang premium, setelah sebelumnya saya coba yang free selama 3 bulan). Disini saya bisa mengelolah banyak akun sekaligus bisa schedule twit/status/posting... Postingnya saya bulkschedule, jadi saya siapkan 1 hari khusus (saya kerja 3-4 jam) dalam 1 bulan untuk bisa schedule semua.

Kalau aku sih untuk SMO masih ngikutin jejaknya Kang Kapuk. Cara ampuh untuk menarik pengunjung biar masuk ke blog kita, lalu setelah pengunjung itu merasa terjebak, kita buat sebuah tulisan yang juga tidak kalah penting dengan jebakan yang kita pasang.
Bingung? Ya udah jangan di pikirin, ini memang trik suhu 69 :V

Oke, jadi itu aja yang bisa aku share untuk pembahasan SEO kali ini. Jika kamu ingin diskusi atau menanyakan sesuatu, silahkan coment saja. Insya Allah balesan cepat :)

Akhir kata, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

5 comments:

  1. Bro, punya artikel sitemap gak? Kalo SMO itu apa ya? Baru denger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana ya kang.?
      SMO itu Social Media Optimization (Optimasi Sosial Media), biasanya mengoptimalkan sosial media sebagai backlink :)

      Delete
  2. ya akhi,ane mau tanya nih.. situs apa si.. yang bisa bikin ente bisa secerdas itu? ^_^
    http://mihrojfa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. terimakasih berbagi ilmunya, penting untuk blogger yang masih belajar seperti saya

    ReplyDelete
  4. Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu... www.okartikel.com

    ReplyDelete

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif !
• Dilarang ngiklan di kolom komentar !
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]>