| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Friday, October 18, 2013

On 7:40:00 PM by Unknown in    No comments
Getaran berbahaya bagi manusia? Sejak kapan? Benarkah demikian? Anda yang jauh daru dunia instrumentasi alat ukur seperti temperature gauge, flow meter, thermocouple, pressure gauge, dan lain sebagainya boleh jadi belum memahami dengan baik mengapa getaran yang biasanya dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia justru dapat membahayakan. Bagaimana bisa? Apa hubungannya pressure gauge dengan getaran? Pada ulasan ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai bahaya getaran dan bagaimana solusi mengatasi atau menghindari bahaya getaran tersebut.

Getaran adalah gerakan teratur benda secara bolak-balik dengan kedudukan yang seimbang. Getaran juga dikenal sebagai vibrasi. Vibrasi adalah suatu factor fisik yang menjalar ke seluruh tubuh sehingga mengakibatkan tubuh bergerak dengan teratur lantaran emnggunakan alat atau mesin yang bergerak tersebut. Getaran semacam ini timbul pada saat motor mesin digunakan untuk aktifitas pekerjaan-pekerjaan tertentu. Lazimnya, getaran ini dirasakan oleh para pekerja yang bekerja dengan menggunakan mesin yang mempergunakan motor penggerak seperti gergaji mesin, mesin pemotong rumput, mesin pengebor industry, dan lain sebagainya. Bahaya yang ditimbulkan dari getaran ini antara alian adalah kerusakan pada persendian tulang-tulang dan kelainan yang terjadi pada sistem saraf, serta nyeri pinggang.

Untuk menghindari bahaya dari efek getaran mesin-mesin tersebut diperlukan Vibration Meter, alat pengukur getaran yang digunakan untuk mengukur getaran. Dengan penggunaan vibration meter akan diperoleh hasil yang dapat dibandingkan atau disesuaikan dengan nilai ambang batas getaran yang telah ditetapkan Menteri tenaga Kerja. Salah satu Vibration Meter handal yang banyak digunakan dalam dunia industry dan proyek-proyek besar adalah Vibration Smart Sensor AR 63 A berwarna putih yang disuusng oleh PT. Momentous Instrumindo, sebuah perusahaan instrumentasi ternama yang membidangi alat-alat pengukuran suhu, tekanan, dan pemancar.
Vibration Meter


0 comments:

Post a Comment

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif !
• Dilarang ngiklan di kolom komentar !
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]>