| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Thursday, January 30, 2014

On 5:25:00 PM by Muhammad Abdurrahman in , ,    3 comments
Selamat sore sobat BS, kali ini aku mau share tentang Script Language (Bahasa Script) yang memiliki bahasa Indonesia nih. Kalau dibayangin mungkin memang unik, kalau kita menulis <head> maka akan menjadi <kepala>. Tapi, kita wajib bersyukur dan bangga nih karena di luar hiruk-pikuk politik yang sudah terlalu sulit diatur, sebagai penyuka coding wajib banget nih.

Apa itu BAIK?

Haris Hasanuddin, founder of BAIK scripting languagBahasa Script BAIK dikembangkan oleh seorang pakar IT professional INDONESIA yaitu Haris Hasanuddin yang sudah mengambil S1 dan S2 nya di Universitas Gunma, Jepang. Ternyata, beliau ini pernah bersekolah di SMA 1 Bogor, beliau juga sebagai Senior System Enginner di Mitsubishi Information Network. Saat ini beliau menjabat sebagai direktur di DigiOrchid, perusahaan IT di Singapura.

Selain itu, beliau juga bekerja di sebuah Bogor Hotel Institute dan Hotel Salak The Heritage sebagai IT Director

Tujuan BAIK Script Language

Tujuan bahasa ini adalah untuk pengajaran pemrograman dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Dokumentasi bahasa ini masih minimal, tapi naskah ilmiah tentang BAIK telah dipublikasikan di dua konferensi internasional dan jurnal nasional sebagai berikut:
  1. Basic Design of BAIK = Scripting Language with Indonesian Lexical Parser for Internet-based Software Development, Proc. of Int. conf. on Advance Computer Science and Information System – ICACSIS 2009.
  2. BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer) = Programming Language based on Indonesian Lexical Parsing for Multi-Tier Web Development, Journal on Computer Science and Information (JIKI) June 2010, Universitas Indonesia.
  3. BAIK Language for Visual Programming with Indonesian Natural Language, Int. MALINDO Workshop 2010.

Fitur/Kelebihan BAIK Script Language

  1. Kode yang ditulis dalam bahasa Indonesia.
  2. Kode sourcenya tidak perlu dikompile.
  3. Ekstensi kode BAIK adalah .ina yang berarti Indonesia.
  4. Variable pada BAIK memiliki tipe otomatis sehingga tidak perlu mendeklarasikan variable terlebih dahulu.
  5. Baik dapat digunakan pada Web System melalui CGI.
  6. Array/Larik (dalam BAIK disebut Untaian) hanya ada dalam satu dimensi.
  7. Fungsi/Sub Prosedur bisa didefinisikan sebelum maupun sesudah kode utama.
  8. Dapat mengakses MySql database.
  9. Dapat membuat file image
  10. Dapat digunakan untuk membuat network program dengan TCP/IP
Bagaimana sobat, menarik bukan? Jadi, kalau sob mau belajar bahasa script yang mudah, BAIK bisa jadi alternatif nih. Kalau sobat BS ingin mencoba, sob dapat mencicipi hasil karya beliau.


Contoh BAIK script language nih sob.
CETAK "HALLO DUNIA!"

 Contoh perulangan(looping) pada BAIK


untuk (c=0;c<=10;c=c+1) ulang
    tulis “\n”
    untuk (e=c;e<=10;e=e+1) ulang
        tulis “*”
    lagi
lagi
untuk (c=0;c<=10;c=c+1) ulang
    tulis “\n”
    untuk (d=0;d<=c;d=d+1) ulang
        tulis “*”
    lagi
lagi

tulis “\n”
tamat

Ya, mungkin ini aja informasi yang dapat aku sampaikan untuk sobat BS. Tunggu informasi menarik lainnya cuma di http://biellsoft.blogspot.com OKE? Berbagi jika sobat merasa info ini bermanfaat, Terimakasih

Sumber : http://uccth.com/baik-bahasa-anak-indonesia-untuk-komputer-scripting-language/

Sunday, January 26, 2014

On 11:04:00 PM by Muhammad Abdurrahman in    4 comments
Ikatan kimia adalah ikatan yang terjadi antara atom-atom yang membentuk suatu molekul. Atom-atom yang ber-ikat bisa berasal dari unsur yang sejenis/berlawan jenis. Di alam ini, umumnya unsur-unsur berikatan membentuk senyawa, kecuali unsur-unsur gas mulia. Hal ini dilakukan untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil seperti konfigurasi elektron gas mulia

Ikatan Kimia terbagi menjadi banyak ikatan, 3 ikatan yang dipelajari saat SMA/SMK yang juga populer yaitu: 

  1. Ikatan Ion.
  2. Ikatan Kovalen.
  3. Ikatan Logam


1. Ikatan Ion

Ikatan ion (atau ikatan elektrokovalen) adalah jenis ikatan kimia yang dapat terbentuk antara ion-ion logam dengan non-logam (atau ion poliatomik seperti amonium) melalui gaya tarik-menarik elektrostatik. Dengan kata lain, ikatan ion terbentuk dari gaya tarik-menarik antara dua ion yang berbeda muatan.


Misalnya pada garam dapur (Natrium Klorida). Ketika Natrium (Na) dan Klor (Cl) bergabung, atom-atom natrium kehilangan elektron, membentuk kation (Na+), sedangkan atom-atom klor menerima elektron untuk membentuk anion (Cl-). Ion-ion ini kemudian saling tarik-menarik dalam rasio 1:1 untuk membentuk natrium klorida. Contoh : Na + Cl → Na+ + Cl- → NaCl.
Ikatan Natrium dan Klor membentuk Natrium Klorida

2. Ikatan Kovalen

Ikatan kovalen adalah sejenis ikatan kimia yang dikarakterisasikan oleh pasangan elektron yang saling terbagi (kongsi elektron) di antara atom-atom yang berikatan. Singkatnya, stabilitas tarikan dan tolakan yang terbentuk di antara atom-atom ketika mereka berbagi elektron dikenal sebagai ikatan kovalen.

Ikatan kovalen merangkumi banyak jenis interaksi, yaitu ikatan sigma, ikatan pi, ikatan logam-logam, interaksi agostik, dan ikatan tiga pusat dua elektron. Istilah bahasa Inggris untuk ikatan kovalen, covalent bond, pertama kali muncul pada tahun 1939. Awalan co- berarti bersama-sama, berasosiasi dalam sebuah aksi, berkolega, dll.; sehingga "co-valent bond" artinya adalah atom-atom yang saling berbagi "valensi", seperti yang dibahas oleh teori ikatan valensi.

Pada molekul H2, atom hidrogen berbagi dua elektron via ikatan kovalen. Kovalensi yang sangat kuat terjadi di antara atom-atom yang memiliki elektronegativitas yang mirip. Oleh karena itu, ikatan kovalen tidak seperlunya adalah ikatan antara dua atom yang berunsur sama, melainkan hanya pada elektronegativitas mereka. Oleh karena ikatan kovalen adalah saling berbagi elektron, maka elektron-elektron tersebut perlu ter-delokalisasi. Lebih jauh lagi, berbeda dengan interaksi elektrostatik ("ikatan ion"), kekuatan ikatan kovalen bergantung pada relasi sudut antara atom-atom pada molekul poliatomik.

3. Ikatan Logam

Ikatan logam adalah ikatan kimia yang terbentuk akibat penggunaan bersama elektron-elektron valensi antar atom-atom logam. Senyawa yang terbentuk hasil dari ikatan logam dinamakan logam (jika semua atom adalah sama). Misalnya:Dalam logam tembaga, atom tembaga dikelilingi 12 atom tembaga ( yang berikatan) atau aloi (jika terdapat atom-atom yang berbeda) misalnya atom logam Be dan Cu membentuk baja.

Logam memiliki sedikit elektron valensi dan memiliki elektronegativitas yang rendah. Semua jenis logam cenderung melepaskan elektron terluarnya sehingga membentuk ion-ion positif/atom-atom positif/kation logam.


Ya, itulah penjelasan singkat mengenai Ikatan Kimia. Jadi jika sobat masih bertanya penjelasan apa itu Ikatan Kimia?, bagaimana teori Ikatan Ion, Ikatan Kovalen, dan Ikatan Logam? Sobat dapat men-download materi PowerPoint (ppt) yang telah aku buat.


On 9:46:00 AM by Muhammad Abdurrahman in ,    3 comments
Oke, sebelumnya aku mau MINTA MAAF kalau sobat yang membaca posting ini merasa terganggu atas beberapa tulisan yang ada di post ini. Yang kedua, aku memang belum mahasiswa, tapi setidaknya posting ini memberikan kesadaran untuk aku kalau mau ambil kuliah. Semoga sobat dapat mengambil hal positif.
Ambillah yang positif & baik, buanglah yang negatif & buruk
Disadari atau nggak, mahasiswa di era pasca soeharto lengser cenderung lebih berbeda dibanding dengan mahasiswa sebelum soeharto lengser. Setidaknya, dari intensitas ngomong, mahasiswa jaman sebelum soeharto lengser lebih vokal ngomong di luar urusannya sama akademik.

Terlepas dari ada atau nggak penyokong dana di balik aksi mahasiswa sebelum soeharto, senggaknya mahasiswa di jaman orde baru lebih punya prinsip buat ngadain gerakan-gerakan. Nggak cuma gerakan demo, tapi juga lobi-lobi ke pemerintahan.

Sekarang?

Disadari atau nggak, mahasiswa jaman sekarang cenderung lebih milih nggedein IPK, lulus nggak nyampe 4 tahun, terus kerja di perusahaan bonafit. Sukur-sukur sih kerja di perusahaan asing yang ada di Indonesia. Kalo bahasa kasarannya versi ane, men-Jongos-kan diri di negeri sendiri. yaaa…beda tipis lah sama orang pribumi jaman hindia belanda yang justru jadi kacungnya orang belanda.

Oke. Kembali ke topik. Dari berbagai obrolan warung kopi, emang faktanya mahasiswa jaman sekarang (nggak tau sengaja atau nggak) dibuat biar lebih fokus ke bidang akademiknya. Itu bahasa halusnya. Kalo bahasa yang agak blak-blakan, yaa…mahasiswa dibikin cupu. Dibikin gimana caranya jadi kutu buku, tiap hari cuma berangkat kuliah, masuk kelas, dengerin dosen, tidur di kelas, ngerjain tugas, lobi dosen biar dapet nilai bagus, atau biar lebih dramatis, kalo menjelang ujian safari ke rumah dosen ngasih parcel atau bingkisan. Yaa..siapa tau si dosen akan iba dan tersentuh hatinya kalo udah dikasih bingkisan, terus mau ngasih nilai bagus. Kurang lebih gitu kan?

Kalo diitung di kampus, jumlah mahasiswa yang mau mikir kondisi kampusnya, lingkungannya, atau malah negaranya, dibanding jumlah mahasiswa yang boro-boro mikir orang lain, buat mikir dirinya sendiri bahkan doi bersedia nyikut kawannya. Banyakan mana coba? Mahasiswa yang lebih ngejar target IPK dan lulus cepet, ketimbang mahasiswa yang menikmati kuliahnya dengan berbagai kegiatan non akademik.

Yaa…nggak bisa dipungkiri, mahasiswa jaman sekarang ngejar lulus dibawah 4 tahun. Bukan mahasiswanya yang salah sih kalo menurut ane.

SEKALI LAGI!
BUKAN MAHASISWA JAMAN SEKARANG YANG SALAH.

Tapi dari berbagai hasil analisis ane, emang mahasiswa jaman sekarang sengaja dibikin nggak vokal, baik merespon lingkungannya, terhadap sikap pemerintah pusat dan daerah, atau juga terhadap orang-orang di sekitarnya. Kenapa?

Berikut analisis ane :

Yang pertama, secara nggak sadar, Rezim jaman SBY beda-beda tipis sama rezimnya Soeharto. Nggak percaya? Yaa…walau kedoknya negara demokrasi, bebas korupsi, kebebasan berpendapat, tapi faktanya kroni-kroninya SBY di partai sama di keluarganya pada mainin proyek negara. Korupsi kurang lebih bahasa jaman sekarangnya. Nah, kalo mahasiswa jaman dulu, mereka langsung sadar kalo Kroninya Soeharto korup. Makannya tahun 1998 sempet meledak kan?
Sekarang? Jaman SBY? Orang birokrat udah belajar dari jaman kesalahan Soeharto. Kalo mahasiswa dibiarin liar di kampusnya, dikasih ruang bebas buat berorganisasi atau respek ke lingkungannya, yang ada mereka sadar kalo sekarang jaman udah lagi nggak bener. Maka dari itu dibikin kurikulum kampus yang lebih ketat. Target IPK 3 lah, lulus di bawah 4 tahun lah. bla bla bla….
Itu yang pertama.

Yang kedua, mau nggak mau ane harus ngomong lagi soal konspirasi asing. Kok nyambung ke asing? Pikir aja! 5-10 tahun ke depan, yang bakalan ngurus negara Indonesia tercinta mau nggak mau ya mahasiswa yang kuliah kan? Nah, kalo mahasiswa yang kuliah dibiarin liar di kampusnya, belajar organisasi, terus tiba-tiba sadar mereka masih dibodohi asing jaman modern, pasti mereka bakal berontak.
Nah, strategi asing, ya dibikin gimana caranya biar mahasiswa yang lulus dari kampusnya buat puas dengan gaji sedikit di atas perusahaan pribumi, terus menikmati hasil ngacung mereka di perusahaan asing.
Kalo mahasiswa sadar, 5-10 tahun lagi asing pasti bakal terancam. Kenapa? Bayangin aja sekarang. Berapa perjanjian ekspor impor yang merugikan Indonesia? Contoh gampang yang baru kejadian, Indonesia punya banyak garam, tapi menteri perdagangannya malah impor garam. Nah lo? Nyambungnya? Ya Intervensi asing.

Nggak cuma itu. Sekarang, coba pikir lagi, 5-10 tahun, minyak sama hutan bakal jadi barang langka dan penting. Asing di Indonesia udah mulai ancang-ancang noh! Pake perusahaan, csr, greenpeace, bla bla bla. Nah? Kalo mahasiswa nyadar orang indonesia cuma jadi kacung di negaranya, ya asing merasa terancam. Maka dibuatlah gimana caranya mahasiswa lulus dengan kemampuan akademik aja, biar nggak punya jiwa kepemimpinan, terus puas dengan kedudukan STAF PERUSAHAAN ASING di negaranya sendiri.



Oiya, perlu ditekankan lagi. Ane nggak mendiskreditkan mahasiswa jaman sekarang. Karena status ane sekarang juga masih mahasiswa. Tapi yang terjadi sekarang, sistemnya emang dibikin gitu. mahasiswa diberi ruang sempit buat melakukan aktivitas diluar doktrin akademik. Intinya 24 jam dalam 7 hari, mahasiswa disuruh baca buku doang!
Terus juga, ane nggak anti asing! Tapi faktanya sekarang, asing yang udah ngobok-obok negara kita. Emang mau besok anak-anak kita tetep dijajah kayak kita? dijadiin kacung dari perusahaan-perusahaan mereka yang udah nyedot emas, minyak, batubara, dan kekayaan negara kita buat perut mereka? Ane rasa cuma orang bego yang mau diporotin hartanya sampe mereka jatuh miskin.

Sebenernya sih mahasiswa yang nyadar juga ada. Ada juga mahasiswa sekarang yang mulai bikin gerakan sosial. Misalnya di twitter, facebook, forum. Yaa..termasuk kaskus juga. Di dunia nyata, banyak juga mahasiswa yang bikin gerakan sosial yang intinya ngembangin potensinya. Tapi itu baru sebagian kecil.

Ini bukan jaman penjajahan klasik kayak jaman jepang, belanda, inggris jajah indonesia sebelum 1945. Ini jaman penjajahan model baru. Nggak cuma orang asing, bangsa sendiri yang cuma mikir mbuncitin perut mereka juga penjajah model baru.

Sumber : Kaskus

Setiap orang berbeda pendapat, mari berbagi pendapat Sobat jika kurang setuju.

Monday, January 20, 2014

On 5:53:00 PM by Muhammad Abdurrahman in    6 comments

Jual Obat Aborsi Penggugur Kandungan

Jual Obat Aborsi Penggugur Kandungan MURAH DAN BERKUALITAS.
ALTERNATIF ABORSI MURAH DAN TERJAMIN

Halo Sobat, hari ini aku mau share tentang ABORSI. Merinding sekali mendengar kata satu ini, tapi banyak sekali wanita-wanita muda bahkan murid SMP/SMA seusiaku melakukan kegiatan ini.

Jual Obat Aborsi Penggugur Kandungan MURAH DAN BERKUALITAS.
ALTERNATIF ABORSI MURAH DAN TERJAMIN

Kenapa harus ABORSI?
Apakah ABORSI membuat masalah selesai?
ABORSI justru akan memperparah masalah. Tahukan Anda bahwa jika Anda melakukan ABORSI, maka ada bahaya yang lebih parah yang akan Anda terima daripada sekedar rasa malu karena mungkin Anda hamil di luar pernikahan?

Jual Obat Aborsi Penggugur Kandungan MURAH DAN BERKUALITAS.
ALTERNATIF ABORSI MURAH DAN TERJAMIN

RESIKO ABORSI

Aborsi memliki resiko yang tinggi terhadap kesehatan maupun keselamatan seorang wanita. TIDAK BENAR jika dikatakan bahwa jika seseorang melakukan ABORSI ia "TIDAK MERASAKAN APA-APA DAN LANGSUNG BOLEH PULANG".

Jual Obat Aborsi Penggugur Kandungan MURAH DAN BERKUALITAS.
ALTERNATIF ABORSI MURAH DAN TERJAMIN

Ada 2 macam resiko kesehatan terhadap wanita yang melakukan ABORSI :
  1. RESIKO KESEHATAN DAN KESELAMATAN SECARA FISIK.
  2. RESIKO GANGGUAN PSIKOLOGIS
Jual Obat Aborsi Penggugur Kandungan MURAH DAN BERKUALITAS.
ALTERNATIF ABORSI MURAH DAN TERJAMIN

RESIKO KESEHATAN DAN KESELAMATAN FISIK ABORSI

Pada saat melakukan ABORSI dan setelah melakukan ABORSI, ada beberapa RESIKO yang akan dihadapi wanita, seperti yang dijelaskan dalam buku "Facts of Life" karangan Brian Clowes, Phd yaitu :
  1. KEMATIAN MENDADAK AKIBAT PENDARAHAN HEBAT.
  2. KEMATIAN MENDADAK AKIBAT PEMBIUSAN YANG GAGAL.
  3. KEMATIAN SECARA LAMBAT AKIBAT INFEKSI SERIUS DISEKITAR KANDUNGAN .
  4. RAHIM YANG SOBEK.
  5. KERUSAKAN LEHER RAHIM YANG MENYEBABKAN CACAT PADA ANAK BERIKUTNYA.
  6. KANKER PAYUDARA (KARENA KETIDAK SEIMBANGAN HORMON ESTROGEN PADA WANITA)
  7. KANKER INDUNG TELUR.
  8. KANKER LEHER RAHIM
  9. KANKER HATI
  10. KELAINAN PADA ARI-ARI YANG MENYEBABKAN CACAT PADA ANAK BERIKUTNYA DAN PENDARAHAN HEBAT SAAT KEHAMILAN BERIKUTNYA.
  11. MENJADI MANDUL (TIDAK MAMPU MEMILIKI KETURUNAN LAGI).
  12. INFEKSI RONGGA PANGGUL.
  13. INFEKSI PADA LAPISAN RAHIM.
Jual Obat Aborsi Penggugur Kandungan MURAH DAN BERKUALITAS.
ALTERNATIF ABORSI MURAH DAN TERJAMIN

Jual Obat Aborsi Penggugur Kandungan MURAH DAN BERKUALITAS.
ALTERNATIF ABORSI HARGA TER-MURAH DAN TERJAMIN