Saturday, September 15, 2012
MUSIK MANCANEGARA (ASIA)
A. MUSIK CINA
1. Perkembangan music Cina
Bangsa Cina memiliki kekayaan budaya musical yang telah tumbuh dan berkembang sejah zaman dahulu. 7000 tahun SM , Cina telah memiliki bukti-bukti yang kuat, bahwa music sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat di Cina, hal ini dibuktikan dengan ditemukannya suling Jiahu, instrument music tertua di dunia ,terbuat dari tulang binatang. Contoh alat music lainnya adalah : lonceng, drum, alat music tiup, alat music dawai dari perunggu pada makam bangsawan Yi dari Zeng (abad 5 SM). Mareka beranggapan bahwa music adalah totalitas kegiatan terpelajar, yang meliputi berfikir,bertindak,dan mengatur.
Sekitar abad 19 tradisi music Cina sudah mulai terpengaruh tradisi music Eropa, seperti orkes simfoni, konser opera Barat. Music kontemporer Cina adalah perpaduan antara music tradisional Cina dengan music popular Barat.
2. Ragam Musik Cina
Music Cina dapat dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu music tradisional dan music modern.
Musik tradisional Cina mayoritas menggunakan bahasa Cina, meliputi nyanyian rakyat, nyanyian berceritera, dan opera.
Music Modern mulai masuk ke Cina abad ke-19, Western Style Conversatories didirikan tahun 1920, dengan tujuan untuk melestarikan music tradisional Cina dan music modern Eropa. Music Cina modern tetap menjaga karakteristik bangsa Cina dengan mempertahankan instrument tradisionil ke dalam permainan music modern.
3. Sistem Nada musik Cina
Menurut teori music Cina (2700 SM) satu oktav dibagi menjadi 12 nada, tetapi dalam permainan musiknya menggunakan 5 nada (pentatonic) 4 5 6 1 2 atau f g a c d.
4. Instrumen music Cina
Instrumen music Cina diantaranya :
a. Organ mulut (sheng)
b. Flute (dizi, ti tzu, tche)
c. Kecapi berleher lurus
d. Sitar panjang
e. Perkusi seperti ; lonceng,drum,gong,dan bel.
B.MUSIK JEPANG
1. Perkembangan Musik Jepang
Music tradisional Jepang dahulu sangat terpengaruh oleh perkembangan music dari daratan cina dan semenanjung Korea, tetapi lama kelamaan mempunyai sifat dan ciri tersendiri. Ragam musiknya banyak digunakan dalam : acara di kuil-kuil, untuk memuja dewa, di Istana, dan untuk hiburan rakyat. Orkes gagku telah ada sejah abad 8. Sekitar abad 15 musik instrument tunggal, shamisen dan koto menjadi popular, khususnya untuk mengiringi lagu dan drama music.
Adanya Restorasi Meiji abad 18 menjadikan pengaruh Barat mulai masuk ke dalam music Jepang
2. Ragam Musik Jepang
Music Jepang dapat digolongkan ke dalam dua katagori. Yaitu : music tradisional Jepang yang pada umunya berbentuk music festival religious, nyanyian bekerja, dan pengiring tarian.
Music modern Jepang dimulai pada tahun 1867, setelah Mutsuhito Meiji menjadi kaisar Jepang. Salah seorang guru music yang bertanggungjawab mengenalkan gaya music Eropa adalah Suzuki Shin Ichi.
3. System nada musik Jepang
Menggunakan tanggan nada pentatonic : 2 4 5 6 7 .
4. Instrument Musik Jepang:
a. Lute pengiring
b. Perkusi ( shoko, ko tsuzumi,taiko)
c. Harmonica mulut (sho)
d. Flute (nyuteki, nokan, shakuhaci)
e. Kecapi
f. Oboe.
C.MUSIK INDIA
1. Perkembangan Musik India
Music India berkembang mulai abad ke 2 SM, tepengaruh besar oleh bangsa Arya yang bermigrasi ke India. Music bagi bangsa India mempunyai arti yang sangat penting , dan besar pengaruhnya dalam magis, religious, kesusasteraan, ilmu dll. Music klasik banyak dipertunjukan dikota-kota untuk pertimbangan artistic, sedangkan music rakyat banyak ditampilkan di pedesaan menemani jalan kehidupan dan upacara agrikultur.
2. Ragam Musik India
Music Klasik India dapat diketahui dari document Natya Shastra, suatu risalah drama berbahasa Sangsekerta yang ditulis kira-kira abad 2 SM. Terdapat 2 tradisi klasik yaitu : Hindustani di India Utara dan Karnatik di India Selatan.
Musik Rakyat popular, berasal dari pengaruh kuat music dalam film (soundtrack) yang cepat dikenal dan dinikmati masyarakat India .baik di daerah maupun di Kota, sejak saat itu music Populer mulai digemari di India.
3. Instrument Musik India
Insrtumen music India terbagi ke dalam 2 kelompok, yaitu :insrtumen pembawa melodi/lagu , dan insrtumen pengiring. Contoh instrument pembawa lagu : kecapi ,sitar, dan sarod, veena, flute horizontal, flute double reed, dan nagasvaram.
Contoh instrument pengiring : tambura (kecapi berleher panjang), mridangam (drum dua sisi), kanjira (drum bingkai kecil), dll.
D.MUSIK ARAB
1. Perkembangan Musik Arab
Music Arab diyakini telah berkembang sejak abad 3 M, budaya musiknya merupakan perpaduan dari tradisi music dinasti Sassanid di Persia (224-641), tradisi music Byzanttium (awal abad 4- 6 M), dan nyanyian religi dari daerah Semenanjung Arab. Puncak kejayaan pada masa pemerintahan Harun Al Rasyid (766-809) di Bagdad, Irak. Beliau dikenal sebagai pelindung seni music tradisi Arab . Ahli teori music yang terkenal adalah Al Farabi dan Avicenna.
2. Ragam Musik Arab
a. Nyanyian Religi, diambil dari Al Quran, berbentuk music qasidah.
b. Music Rakyat, music tradisi rakyat ini banyak ditemui di sepanjang daerah Arab, kaya akan permainan drum perkusi,dan nada pentatonic.
c. Nyanyian Populer
Music Arab Populer merupakan perpaduan dari music Religi, dam music Rakyat ditambah iringan keyboard elektrik yang khas.
3. Instrument Musik Arab ;
3. Instrument Musik Arab ;
a. Kecapi Eropa ( Ud, lute)
b. Flute Arab (Nay)
c. Perkusi ( kettle drum, frame drum,)
d. Rebab, biole Eropa, sitar.
e. Mizmar (Mesir)
f. Mijwij (Lebanon).
SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK DUNIA
Sejak abad ke-2 dan abad ke-3 sebelum Masehi, di Tiongkok dan Mesir ada musik yang mempunyai bentuk tertentu. Dengan mendapat pengaruh dari Mesir dan Babilon, berkembanglah musik Hibrani yang dikemudian hari berkembang menjadi musik Gereja. Musik itu kemudian disenangi oleh masyarakat, karena adanya pemain-pemain musik yang mengembara serta menyanyikan lagu yang dipakai pada upacara Gereja. Musik itu tersebar di seluruh Eropa kemudian tumbuh berkembang, dan musik instrumental maju dengan pesat setelah ada perbaikan pada alat-alat musik, misalnya biola dan cello. Kemudian timbulah alat musik Orgel. Komponis besar muncul di Jerman, Prancis, Italia, dan Rusia. Dalam abad ke 19, rasa kebangsaan mulai bangun dan berkembang. Oleh karena itu perkembangan musik pecah menurut kebangsaannya masing-masing, meskipun pada permulaannya sama-sama bergaya Romantik. Mulai abad 20, Prancis menjadi pelopor dengan musik Impresionistis yang segera diganti dengan musik Ekspresionistis.
Perkembangan Musik Dunia
Musik sudah ada sejak Zaman purbakala dan dipergunakan sebagai alat untuk mengiringi upacara-upacara kepercayaan. Perubahan sejarah musik terbesar terjadi pada abad pertengahan,disebabkan terjadinya perubahan keadaan dunia yang makin meningkat. Musik tidak hanya dipergunakan untuk keperluan keagamaan, tetapi dipergunakan juga un tuk urusan duniawi
PERKEMBANGAN MUSIK DUNIA TERBAGI DALAM ENAM ZAMAN
1.Zaman Abad Pertengahan
Zaman Abad Pertengahan sejarah kebudayaan adalah Zaman antara berakhirnya kerajaan Romawi (476 M) sampai dengan Zaman Reformasi agama Kristen oleh Marthen Luther (1572M). perkembangan Musik pada Zaman ini disebabkan oleh terjadinya perubahan keadaan dunia yang semakin meningkat, yang menyebabkan penemuan-penemuan baru dalam segala bidang, termasuk dalam kebudayaan. Perubahan dalam sejarah musik adalah bahwa musik tedak lagi dititikberatkan pada kepentingan keagamaan tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi, sebagai sarana hiburan.
Perkembangan selanjutnya adalah adanya perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori musik yang dikembangkan oleh Guido d’ Arezzo (1050 M)
Musik dengan menggunakan beberapa suara berkembang di Eropa Barat. Musik Greogrian disempurnakan oleh Paus Gregorius.
Pelopor Musik pada Zaman Pertengahan adalah :
- Gullanme Dufay dari Prancis.
- Adam de la halle dari Jerman.
2. Zaman Renaisance (1500 – 1600)
Zaman Renaisance adalah zaman setelah abad Pertengahan, Renaisance artinya Kelahiran Kembali tingkat Kebudayaan tinggi yang telah hilang pada Zaman Romawi. Musik dipelajari dengan cirri-ciri khusus, contoh nyanyian percintaan, nyanyian keperwiraan. Sebaliknya musik Gereja mengalami kemunduran. Pada zaman ini alat musik Piano dan Organ sudah dikenal, sehingga munculah musik Instrumental. Di kota Florence berkembang seni Opera. Opera adalah sandiwara dengan iringan musik disertai oloeh para penyanyinya.
Komponis-komponis pada Zaman Renaisance diantaranya :
- Giovanni Gabrieli (1557 – 1612) dari Italia.
- Galilei (1533 – 1591) dari Italia.
- Claudio Monteverdi (1567 – 1643) dari Venesia.
- Jean Baptiste Lully (1632 – 1687) dari Prancis.
3. Zaman Barok dan Rokoko
Kemajuan musik pada zaman pertengahan ditandai dengan munculnya aliran-aliran musik baru, diantaranya adalah aliran Barok dan Rokoko. Kedua aliran ini hamper sama sifatnya, yaitu adanya pemakaian Ornamentik (Hiasan Musik). Perbedaannya adalah bahwa musik Barok memakai Ornamentik yang deserahkan pada Improvisasi spontan oleh pemain, sedangkan pada musik Rokoko semua hiasan Ornamentik dicatat.
Komponis-komponis pada Zaman Barok dan Rokoko :
A. Johan Sebastian Bach
Lahir tanggal 21 Maret 1685 di Eisenach Jerman, meninggal tanggal 28 Juli 1750 di Lipzig Jerman. Hasil karyanya yang amat indah dan terkenal:
1. St. Mathew Passion.
2. Misa dalam b minor.
3. 13 buah konser piano dengan orkes
4. 6 buah Konserto Brandenburg
Gubahan-gubahannya mendasari musik modern. Sebastian Bach menciptakan musik Koral (musik untuk Khotbah Gereja) dan menciptakan lagu-lagu instrumental. Pada akhir hidupnya Sebastian Bach menjadi buta dan meninggal di Leipzig.
B. George Fredrick Haendel
Lahir di Halle Saxony 23 Februari 1685 di London, meninggal di London tanggal 14 April 1759. Semasa kecilnya dia sudah memperlihatkan bekat keahlian dalam bermain musik. Pada tahun 1703,ia pindah ke Hamburg untuk menjadi anggaota Orkes Opera. Tahun 1712 ia kembali mengunjungi Inggris. Hasil ciptaannya yang terkenal adalah ;
- Messiah, yang merupakan Oratorio (nama sejenis musik) yang terkenal.
- Water Musik (Musik Air).
- Fire Work Music (Musik Petasan).
Water Musik dan Fire Work Music merupakan Orkestranya yang paling terkenal. Dia meninggal di London dan dimakamkan di Westminster Abbey.
4. Zaman Klasik 91750 – 1820)
Sejarah musik klasik dimukai pada tahun 1750, setelah berakhirnya musik Barok dan Rokoko.
Ciri-ciri Zaman musik Klasik:
- Penggunaan dinamika dari Keras menjadi Lembut, Crassendo dan Decrasscendo.
- Perubahan tempo dengan accelerando (semakin Cepat) dan Ritarteando (semakin lembut).
- Pemakaian Ornamentik dibatasi
- Penggunaan Accodr 3 nada.
Komponis-komponis pada Zaman Klasik antara lain :
- Frans Joseph Haydn (1732 – 1809),
Lahir di Rohrau Austria, ia meninggal tanggal 31 Mei 1809 di Wina Austria. Karya ciptaannya yaitu : Sonata Piano, 87 buah kuartet, 24 buah opera, 100 buah simfoni, yang paling terkenal adalah The Surprisse Sympony. Dalam sejarah musik, Joseph Haydn termashur sebagai Bapak Simfony yang mewujudkan bentuk orkes dan kuartet seperti yang kita kenal sekarang. Di Wina ia diakui sebagai Komponis Austria yang handal.
2. Wolfgang Amandeus Mozart (1756 – 1791)
Lahir pada tanggal 27 januari 1756 di Salzburg Austria, meninggal tanggal 5 Desember 1791 di Wina Austria. Hasil karyanya adalah : Requiem Mars, 40 buah Simfony, Opera Don Geovani, Kuintet Biola Alto, Konserto Piano. Pada usia 3 tahun ia telah dapat menghasilkan melodi dan menerapkan accor pada hrpsikord. Pada usia 5 tahun ia telah mulai menciptakan lagu dan muncul didepan umum pada usia 6 tahun, kemudian bersama saudara perempuannya mengadakan Tour keliling Eropa. Pada tahun 1781 ia pindah ke kota Wina dan mengarang ciptaan-ciptaannya yang termaahur. Permainannya sangat menakjubkan, sehingga dijiluki Anak Ajaib. Biarpun memperoleh banyak sukses, tapi ia sangat miskin dan dalam keadaan yang sengsara, ia meninggal di Wina dalam usia 35 tahun dan dikuburkan di pekuburan fakir miskin. Ia menulis banyak komposisi dalam bentuk yang berbeda-beda tetapi berpegang kuat pada gaya klasik murni.
5. Zaman Romantik (1820 – 1900)
Musik romantic sangat mementingkan perasaan yang subyaktif. Musik bukan saja dipergunakan untuk mencapai keindahan nada-nada, akan tetapi digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Oleh karena itu, dinamika dan tempo banyak dipakai. Komponis-komponis pada Zaman romantic adalah :
a. Ludwig Von Bethoven dari Jerman.
b. Franz Peter Schubert dari Wina.
c. Francois Fredrick Chopin dari Polandia
d. Robert Alexander Schumann dari jerman.
e. Johanes Brahms dari Hamburg Jerman.
Riwayat Haidup Komponis Zaman Romantik :
A. Ludwig Von Beethoven (1770 – 1827)
Lahir Desember 1770 di Bonn Jerman, ia meninggal tanggal 26 Maret 1827 di Wina Austria. Ia menamakan dirinya sebagai Pujangga Nada. Sejak usia 4 tahun dia belajar musik dibawah asuhan ayanhnya. Pada usia 17 tahun ia pergi ke Wina menemui komponis Mozart, kemudian Mozart memberi bimbingan musik kepadanya, sehingga ia dapat menjadi pemain musik yang baik danm komonis yang berbakat. Pada usia 30 tahun pendengarannya mulai berkurang, dan usia 50 tahun pendengarannya tuli sama sekali. Pada waktu ciptaannya Ninth Symphonies lahir, ia tidak mampu lagi mendengarkan hasil karyanya itu. Pada tanggal 26 Maret 1827, dia meninggal di Wina. Ia hidup dengan sangat menderita, tetapi mampu menciptakan Sonata dunia yang paling indah. Hasil ciptaannya antara lain :
- 5 buah sonata cello dan piano.
- 9 buah symfoni
- 32 sonata piano.
B. Franz Peter Scubert (1797 – 1828)
Lahir di Wina 31 Januari 1797, dia meninggal tanggal 19 Desember 1828, ciptaannya antara lain : Ave Maria, The Erl King, Antinghed Symphony, Gretchen At The Spining Sheel, The Wild Rose. Schubert mempunyai suara yang merdu dan menjadi penyayi paduan suara Imperial Choir. Kemudian ia memperdalam pengetahuan musiknya dibidang komposisi. Pada waktu meninggal, Ia tidak dikenal orang banyak dan berpasan agar dikuburkan dekat makan Beethoven. Dia meninggalkan 100 buah hasil karyanya, kebanyakan lagu-lagu solo.
C. Wilhelm Richard Wagner (1813 – 1883)
Lahir tanggal 22 Mei 1813 di Leipzig Jerman, meninggal 13 Februari 1883 di Venesia. Hasil ciptaannya antaralain : Tannhauser, Die Maistersinger Von Hurberg, Lohengrin, Der Fliegende Holander.
D. Johannes Brahms (1883 – 1897)
Lahir 7 Mei 1883 di Hamburg Jerman, ia meninggal 3 April 1897 di Wina Austria. Hasil ciptaannya : Hungarian Dance, Muskoor Ein Deusches Requiem, Kuartet gesek.. paa usia 14 tahun ia telah menjadi pianis yang baik. Dia adalah seorang komponis terakhir dari aliran Romantik, karyanya sangat indah.
6. Zaman Modern (1900 – sekarang)
Musik pada Zaman ini tidak mengakui adanay hokum-hukum dan peraturan-peraturan, karena kemajuan ilmu dan teknologi yang semakin pesat, misalnya penemuan dibidang teknik seperti Film, Radio, dan Televisi. Pada masa ini orang ingin mengungkapkan sesuatu dengan bebas.
Komponis-komponis pada Zaman Modern :
1. Claude Achille Debussy dari Prancis
2. Bella Bartok dari Honggaria.
3. Maurice Ravel dari Prancis.
4. Igor Fedorovinsky dari Rusia
5. Edward Benyamin Britten dari Inggris.
PENYEBARAN MUSIK BARAT DI NUSANTARA
Perkembangan music Barat di Indonesia secara selintas bermula dari kedatangan bangsa-bangsa Eropa yang menjajah Indonesia, seperti : Portugis, Spanyol, dan Belanda. Mereka mamasukan unsure-unsur music Barat kedalam music tradisi Indonesia dengan cara mempergelarkan karya music mereka diberbagai event/ kegiatan, baik bersifat religi, maupun hiburan. Tangga nada diatonic (solmisasi) mereka perkenalkan dan rakyat Indonesia mulai terbiasa dengan tangga nada tersebut. Hal tersebut didukung pula dengan dibangunnya balai-balai pertemuan untuk orang-orang Barat dan diikutsertakannya para raja/penguasa pribumi untuk berdansa ala music Eropa Spanyol, sehingga music Barat semakin cepat berkembang di Indonesia. Selain hal tersebut di atas orang Eropa giat mengumandangkan music mereka melalui radio-radio colonial. Tahun 1950 merupakan awal pembinaan music melalui disiplin ilmu akademik, lahirlah sekolah-sekolah music seperti : AMI (sekarang ISI), Yayasan Pendidikan Musik Jakarta, IKIP di Bandung, Jakarta, Yogyakarta,dan Malang.
Contoh jenis music yang berkembang di Indonesia sekarang :
1. Music Pop ( country, blues, dll.)
2. Music Dangdut
Jenis music ini mulai berkembang di Indonesia tahun 1970an, dahulu music Dangdut hanya untuk konsumsi rakyat di daerah, tetapi sekarang music dangdut sudang diminati banyak kalangan, bahkan sampai ke luar negeri.
3. Musik Gamelan, merupakan instrument music pengiring yang selalu ada disetiap daerah di Indonesia ,terutama di Jawa, Bali, Sumatera, dan Kalimantan. Music ini mempunyai 2 nada yaitu Pelog dan Salendro, dan biasa dimainkan untuk mengiringi drama, tari-tarian tradisi, dan hiburan rakyat lainnya.
4. Music Keroncong, dipengruhi oleh music Portugis, berkembang mulai abad 17, dimana masyarakat Indonesia terbiasa mendengan music iringan ukulele, tetapi dalam perkembangannya, music Keroncong dilengkapi dengan berbagai macam alat music modern seperti gitar, biola, dll.
5. Music Jazz
Berkembang di Indonesia tahun 1920an, berasal dari Amerika Serikat. Music ini berkembang dikalangan yang terbatas, Karena sifat music ini yang penuh improvisasi dan dirasakan terlalu susah untuk dinikmati. Music Jazz akhirnya meredup seiring dengan datangnya music Rock.
6. Music Rock
Berkembang di Indonesia tahun 1950an, music ini lebih bergairah, lebih menghentak, dan dinamis, dan music ini banyak digemari masyarakat Indonesia, terutama kaum muda.
7. Music Blues
Lahir dan berkembang di Amerika Serikat seiring dengan adanya perbudakan terhadap orang-orang Afrika di Amerika.
8. Music Mars
Music dengan ketukan keras dan mantap membantu mempertegas langkah-langkah prajurit ketika baris-berbaris.
9. Music Latin (cha-cha, rumba, salsa, jive, beguin, bossas, dll).
FUNGSI MUSIK
1. Sebagai media hiburan (entertainment)
2. Sebagai media upacara adat
3. Sebagai media pengiring tari/ dansa
4. Sebagai media penerangan
5. Sebagai media pendidikan (edukasi)
6. Sebagai media pengobatan (therapy)
7. Sebagai media peningkatan kecerdasan /Intelegensi.
8. Sebagai media pengembangan bakat.
9. Sebagai media Ekspresi diri.
On 5:37:00 AM by Unknown in Islami No comments
Di Hari Jum'at yang merupakan Hari Raya Mingguan Umat Islam ini, saya ingin berbagi pengetahuan tentang TRINITAS. Haruskah kita percaya kepada TRINITAS?
GEREJA Katolik Roma berkata: “Tritunggal adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan doktrin utama agama Kristen...
Jadi, dalam kata-kata Kredo Athanasia: ‘sang Bapa adalah Allah, sang Anak adalah Allah, dan Roh Kudus adalah Allah, namun tidak ada tiga Allah melainkan satu Allah.’ Dalam Tritunggal ini... Pribadi-Pribadinya sama kekal dan setara: semuanya tidak diciptakan dan mahakuasa.”-The Catholic Encyclopedia.
Hampir semua gereja lain dalam Susunan Kristen menyetujuinya. Misalnya, Gereja Ortodoks Yunani juga menyebut Tritunggal “doktrin dasar dari Kekristenan,” bahkan mengatakan: “Orang Kristen adalah orang-orang yang menerima Kristus sebagai Allah.”
Dalam buku Our Orthodox Christian Faith, gereja yang sama berkata: “Allah adalah suatu kesatuan tiga serangkai... Sang Bapa adalah Allah sepenuhnya. Sang Anak adalah Allah sepenuhnya. Roh Kudus adalah Allah sepenuhnya.”
Jadi, Tritunggal dianggap sebagai “satu Allah dalam tiga Pribadi.” Masing-masing dikatakan tidak mempunyai permulaan, ada dari kekal sampai kekal. Masing-masing dikatakan mahakuasa, dan masing-masing tidak lebih besar atau lebih kecil daripada yang lainnya.
Apakah gagasan demikian sukar dimengerti? Banyak orang beriman yang tulus merasa hal itu membingungkan, bertentangan dengan akal sehat, benar-benar sulit dipahami.
Bagaimana mungkin, sang Bapa adalah Allah, Yesus adalah Allah, dan roh kudus adalah Allah, namun tidak ada tiga Allah melainkan hanya satu Allah?
“Di Luar Jangkauan Akal Manusia”
KEBINGUNGAN ini tersebar luas. The Encyclopedia Americana mengatakan bahwa Tritunggal dianggap “di luar jangkauan akal manusia.”
Banyak orang yang menerima Tritunggal menganggapnya demikian. Monsignor Eugene Clark berkata: “Allah itu satu, dan Allah itu tiga. Karena tidak ada ciptaan yang seperti ini, kita tidak dapat mengertinya, tetapi menerimanya saja.”
Kardinal John O’Connor berkata: “Kami tahu ini suatu misteri yang sangat dalam, yang sama sekali tidak kita mengerti.” Dan Paus Yohanes Paulus II berkata mengenai “misteri yang tidak dapat dimengerti tentang Allah Tritunggal.” Jadi, A Dictionary of Religious Knowledge berkata: “Tepatnya apa doktrin itu, atau bagaimana hal itu harus dijelaskan, para penganut Tritunggal pun tidak mencapai kata sepakat di antara mereka sendiri.”
Maka, kita dapat mengerti mengapa New Catholic Encyclopedia berkata: “Hanya sedikit diantara guru-guru teologi Tritunggal di seminari-seminari Katolik Roma yang pada suatu waktu tidak dipojokkan oleh pertanyaan, ‘Tetapi bagaimana kita akan berkhotbah tentang Tritunggal?’ Dan jika pertanyaan itu merupakan gejala kebingungan di pihak para siswa, kemungkinan hal itu juga merupakan gejala kebingungan yang serupa di pihak guru-guru mereka.”
Kebenaran dari pernyataan di atas dapat dibuktikan dengan mengunjungi suatu perpustakaan dan memeriksa buku-buku yang mendukung Tritunggal. Tak terhitung banyaknya halaman yang ditulis dalam upaya untuk menjelaskannya. Namun, setelah bersusah payah memeriksa istilah-istilah teologi yang membingungkan dan penjelasannya, para peneliti masih tetap tidak puas.
Mengenai ini, imam Yesuit Joseph Bracken mengatakan dalam bukunya What Are They Saying About the Trinity?: “Para imam yang dengan cukup banyak upaya telah mempelajari...
Tritunggal selama tahun-tahun mereka di seminari tentu saja ragu-ragu untuk menyampaikannya kepada jemaah mereka dari mimbar, bahkan pada hari Minggu. Tritunggal... Untuk apa seseorang akan membuat umatnya bosan dengan sesuatu yang pada akhirnya pun tidak akan mereka mengerti dengan benar?”
Ia juga berkata: “Tritunggal adalah soal kepercayaan formal, namun hal itu hanya sedikit atau tidak [berpengaruh] dalam kehidupan dan ibadat Kristen sehari-hari.” Meskipun demikian, ini adalah “doktrin utama” dari gereja-gereja!
Teolog Katolik Hans Kung menyatakan dalam bukunya Christianity and the World Religions bahwa Tritunggal merupakan satu alasan mengapa gereja-gereja tidak berhasil membuat kemajuan yang berarti di kalangan orang bukan Kristen. Ia berkata: “Bahkan orang Muslim yang terpelajar, sama sekali tidak dapat mengerti, sebagaimana juga orang-orang Yahudi sebegitu jauh tidak dapat memahami, gagasan mengenai Tritunggal... Perbedaan yang dibuat oleh doktrin Tritunggal antara satu Allah dan tiga hypostase [zat] tidak memuaskan orang Muslim, yang bukannya merasa mendapat penjelasan, tetapi justru merasa bingung, oleh istilah-istilah teologi yang berasal dari bahasa Syria, Yunani, dan Latin.
Orang-orang Muslim menganggap ini semua permainan kata... Mengapa seseorang ingin menambahkan sesuatu kepada gagasan mengenai keesaan dan keunikan Allah yang hanya dapat mengencerkan atau meniadakan keesaan dan keunikan itu?”
“Bukan Allah yang Suka Pada Kekacauan”
BAGAIMANA doktrin yang begitu membingungkan seperti Tritunggal muncul? The Catholic Encyclopedia menyatakan:
“Sebelum adanya penyingkapan Ilahi, diperlukan sebuah dogma yang misterius seperti itu.”
Sarjana Katolik Karl Rahner dan Herbert Vorgrimler menyatakan dalam Theological Dictionary mereka: “Tritunggal... dalam arti yang sesungguhnya..., adalah suatu misteri yang tidak dapat dipahami tanpa wahyu ilahi, dan bahkan setelah disingkapkan tidak dapat dimengerti sepenuhnya.”
Tetapi, dengan berkukuh bahwa Tritunggal adalah misteri yang begitu membingungkan karena berasal dari wahyu ilahi, mereka menciptakan problem besar lain. Mengapa? Karena dalam wahyu ilahi itu sendiri tidak ada pandangan demikian mengenai Allah: “Allah... bukan Allah yang suka pada kekacauan.”-1 Korintus 14:33, Alkitab dalam Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS).
Mengingat pernyataan itu, mungkinkah Allah akan mencetuskan doktrin mengenai diri-Nya sendiri yang begitu membingungkan sehingga bahkan para sarjana Ibrani, Yunani, dan Latin tidak dapat menjelaskannya?
Selain itu, apakah orang-orang harus menjadi teolog untuk dapat ‘mengenal satu-satunya Allah yang benar dan Yesus Kristus yang telah Ia utus?’ (Yohanes 17:3) Jika demikian halnya, mengapa begitu sedikit dari para pemimpin agama Yahudi yang terpelajar mengakui Yesus sebagai Mesias?
Sebaliknya, murid-muridnya yang setia, adalah petani-petani, nelayan, pemungut cukai, ibu-ibu rumah tangga yang sederhana. Orang-orang sederhana tersebut begitu yakin dengan apa yang Yesus ajarkan tentang Allah sehingga mereka dapat mengajarkannya kepada orang lain dan bahkan rela mati demi kepercayaan mereka-Matius 15:1-9; 21: 23-32, 43; 23:13-36; Yohanes 7:45-49; Kisah 4:13.
Sumber : al-islahonline
Haruskah Anda Percaya Kepada Tritunggal ?
©1989 Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania
Wednesday, September 12, 2012
On 10:00:00 PM by Unknown No comments
Perasaan Saya nulis tentang Samsung terus ya?
hehehhehe :D
Itu karena Samsung adalah SmartPhone serta Gadget TERBAIK menurut saya.
Kembali ke Topik...
Bagi anda yang menggeluti “Dunia Fotografi”, wajarnya akan tertarik dan penasaran dengan jenis kamera keluaran Samsung yang satu ini. Sekilas tidak ada yang berbeda dengan kamera digital pada umumnya, dari segi bentuk, lensa dan tombolnya.
Perbedaan akan terlihat saat anda menyalakan kamera ini. Ya, anda akan disambut oleh “Si Robot Hijau” pada layar displaynya, Android Jelly Bean. Seperti tidak berhenti berinovasi, Samsung kini menghadirkan kamera cerdas yang dijuluki Galaxy Camera.
Dominan berwarna hitam dan putih, sehingga tampak lebih elegan. Spesifikasi pada kamera besutan Samsung ini cukup menarik, dengan resolusi sebesar 16 Megapixel serta mendukung hingga 21x optical zoom.
Dibagian belakang terdapat layar display 4.7” berjenis HD Super Clear. Pada saat digunakan, layar display ini cukup nyaman dan jernih layaknya smartphone Android. Samsung telah menginstall beberapa aplikasi seperti S Planner, S Voice, Instagram, dan lainnya. Pengguna juga dapat melakukan penambahan aplikasi yang diinginkan dengan adanya aplikasi Google Play. Tombol Home, Back, Menu juga terdapat pada samping layar yang merupakan standard dari tampilan Android.
Share hasil foto yang telah anda abadikan, dengan menggunakan jaringan Wi-Fi ataupun koneksi 3G. Karena pada Galaxy Camera terdapat slot SIM 3G yang terletak dibalik baterainya, hingga dengan mudah anda bisa meng-upload ataupun men-download foto melalui instagram, facebook, twitter, atau aplikasi yang lainnya.
Dengan tertanamnya Android Jelly Bean membuat kamera ini menjadi sangat user friendly, bahkan untuk pemula bisa dengan mudah melakukan editing gambar menggunakan aplikasi seperti Picsart, Photo Wizard, dan beberapa aplikasi lainnya yang bisa didapatkan melalui Google Play.
Kapan kamera cerdas ini hadir di pasaran Indonesia? Berapa harga yang dibanderol oleh Samsung?
Saat ini memang belum ada kejelasan, tapi dipastikan Galaxy Camera akan segera hadir di Indonesia. Terdengar kabar bahwa kamera ini akan muncul dipasaran Indonesia mendekati akhir tahun 2012. Kita tunggu saja kedatangannya.
Copyright (c) FastNCheap
Rasanya sudah tidak sabar kita menunggu Tahun baru untuk menantikan Windows 8 akan secara resmi hadir ke ranah IT. Tinggal menghitung hari memang, namun tidak ada yang tahu kapan pastinya tanggal yang di tentukan Microsoft. Seraya menunggu-nunggu hadirnya windows 8, kali ini penulis akan mengajak para pengunjung setia blog Purwokerto-Incredible untuk mencoba beberapa trik komputer, yaitu meniru tampilan Lock Screen di Windows 8.
Atau jika ada di antara anda yang belum pernah melihat Lock Screen di windows 8, Anda bisa mencoba sekedar meng-Installnya. Bisa di download di situs resminya di http://msdn.microsoft.com/en-us/windows/apps/br229516. Apa yang terbaru di Windows 8? Tentu saja Metro”UI” dengan segudang tampilan menawannya. salah satunya adalah Lock Screen, bila di perhatikan secara seksama konsep ini seperti ponsel yang mengunci sendiri layarnya ketika sedang tidak ada aktifitas.
Untuk anda penikmat Windows 7, sekarang kita bisa menggunakan aplikasi untuk mengunci screen ketika sedang tidak melakukan kegiatan di dekstop, nama aplikasinya adalah Metro Clock. Sebenarnya aplikasi tidak secara resmi di buat oleh satu vendor perusahaan software, melainkan oleh seorang seniman dari situs Deviantart. Jika ingin mencoba silahkan download di SINI.
Pada saat artikel ini di tulis, aplikasi ini sendiri sudah melakukan update ke versi 2 di mana di lakukan banyak perubahan dari versi sebelumnya, diantaranya adalah:
- Letak dari posisi teks dapat diubah sesuka hati.
- Ada nya penambahan gambar slide show pada Background dengan efek Slider (Fade).
- Teks sudah di beri efek shadow (Semacam bayangan).
- Adanya fitur Preview seperti Windows 8 sebelum ada menggunakan Lock Screen.
- Bergerak Secara ke atas ketika Anda sedang membuka Screen.
- Adanya fitur DreamScene yang bisa membuat Background menjadi Video.
- Adanya fitur Option.
Hal paling bisa di nikmati menurut penulis adalah adanya fitur DreamScene, secara cepat pengguna dapat mengganti background yang tadinya berupa slider gambar menjadi Video. Tetapi dengan resiko Baterai Laptop (Jika anda menggunakan laptop) akan cepat terkuras habis. Sekali lagi, jadi kan ini sebagai alternatif aplikasi buat anda yang bosan akan tampilan begitu-begitu saja. Pendapat ini sudah di perhitungkan karena akan borosnya aplikasi ini memakan daya baterai jik di gunakan terus menerus. Selamat Mencoba!
Monday, September 10, 2012
Di Cina, smartphone dengan jenis dual sim-card sangat diminati. Seolah tak mau ketinggalan, Samsung dikabarkan akan melepas Galaxy Note 2 berjenis dual sim card untuk dijual di Cina.
Galaxy Note 2 yang merupakan produk smartphone kelas atas pabrikan asal Korea Selatan baru saja diperkenalkan pada ajang pameran tekhnologi di IFA Berlin awal september kemarin. Kehadirannya diharapkan menjadi penerus Galaxy Note pertama yang tercatat sukses di pasaran.
Dalam bocoran gambar yang kini menjadi bahan perbincangan para netter dunia, Galaxy Note dual sim mempunyai 3 slot pada bagian belakangnya ketika cover/casingnya dilepas. 2 slot pertama menunjukan letak slot sim card dan satu lagi slot untuk microSD.
Hampir serupa dengan Galaxy Note 2 versi internasional, Galaxy Note 2 dual sim card yang khusus dijual di Cina tersebut mempunyai lebar 5.5 inch dan spesifikasi lainnya diperkirakan sama. Letak perbedaannya mungkin hanya pada dukungan penggunaan 2 kartu sim.
Dipilihnya Cina sebagai tempat dilepasnya varian Galaxy Note 2 dual sim memang sangat beralasan. Cina kini disebut-sebut sebagai negara yang pertumbuhan penjualan smartphonenya melebihi Amerika Serikat.
Dengan populasi pengguna jaringan telekomunikasi lebih dari 500 juta jiwa, membuat banyak produsen-produsen besar smartphone dunia mencoba peruntungannya dengan menjual produk-produknya di Cina.
Tidak hanya itu, produsen-produsen lokal asal Cina seperti ZTE, Huawei, Xiaomi, dan lain-lain semakin gencar melakukan promosi agar produknya tetap bisa bersaing dengan produsen-produsen besar semacam Apple, Samsung, LG, HTC, Sony.
Android saat ini menjadi primadona di berbagai belahan dunia termasuk di Cina. Dengan berbagai alasan tersebut, sangat tepat jika Samsung kini lebih giat untuk berekspansi ke Cina termasuk menjual Galaxy Note 2 versi dual sim disana.
Copyright (c) FastNCheap
Subscribe to:
Posts (Atom)
Search
Popular Posts
-
Ini adalah tampilan FansPage Youtube Channel saya pada Tab Youtube Adsense. Pada tab tersebut ada sepuluh video tentang Youtube Adsense....
-
Assalamu ‘alaikum warahmatullah wa baraakatuh Oke Sobat BS, kali ini aku mau berbagi Trik Komputer nih. Dan Trik kali ini adalah Memblokir...
-
Purwokerto-Incredible - Kali ini, saya akan memberikan artikel menarik tentang 10 orang yang paling berpengaruh di dunia teknologi dan i...
-
Assalamu'alaikum Sobat BS. Yang beragama islam, ada yang udah puasa hari ini? kalo Aku hari besok, karna tadi malem ga liat bulan ni...
-
In the world of technology, Web 3.0 is often referred to as the next generation of web development and design. It promises to revolutioniz...
-
Jumpa lagi dengan BS, kali ini saya bikin video demo aplikasi operasi matriks pada Android. Aplikasi ini saya temukan di google play store....
-
Good Day Cappucino Hayo, siapa yang belum pernah nyobain kopi gaul paling enak ini? Kopi instan dan cappuccino Good Day, kopi gaul paling...
-
Inilah poin-poin cara menaikkan traffic website. I. Pendahuluan A. Latar belakang pentingnya meningkatkan trafik web B. Tujuan dari membuat...
-
Ketika membaca sebuah artikel mengenai ini, aku sedikit takut. Apa yang aku impikan ternyata mempunyai resiko yang sangat tinggi. Oke jika...
-
Hehehehehhe :D lama ga bagi-bagi ilmu Pelajaran, nih saya kasih Ilmu Pendidikan Kewarganegaraan Bab Bela Negara, itu Bab I di pelaj...