Monday, November 5, 2012
On 7:00:00 AM by Unknown in Motivation 1 comment
Hari ini adalah Hari dimana sahabat kecil Saya merasakan kembali Hari Dilahirkan, lebih tepatnya Hari Ulang Tahun. Dan untuk itulah, sebagai kado istimewa untuk Sahabat Kecil Saya, Muhammad Fandi Abdul Aziz. Semoga di usiamu yang ke 13 ini bisa menambah wawasanmu, membahagiakan kedua orang tuamu, serta Membahagiakan semua teman-teman serta sahabat yang ada untukmu.
○○◦◦-♥ Puisi Cinta ♥-◦◦○○
maka persahabatan adalah surganya
Jika ketulusan adalah tahta,
maka senyum seorang sahabat adalah mutiara hati
Jika kau lari ke gunung
maka akan aku kejar dengan tenaga
Jika kau lari kelaut
maka akan aku kejar dengan perahu
Jika kau lari kesurga
maka akan aku kejar dengan amal dan ibadah
-Tapi-
Jika kau lari ke lain hati maka aku hanya bisa meneteskan air mata.
---------------------------------------------------------------
' Tiada BUNGA seindah CINTA'
'Tiada BEBAN seberat RINDU'
'Tiada RASA selembut KASIH SAYANG'
'Tiada yang MANIS selain senyum-MU
---------------------------------------------------
Cintailah kekasihmu sekedarnya saja, sebab bisa jadi pada suatu hari ia akan menjadi musuhmu
dan bencilah musuhmu sekedarnya saja, sebab mungkin saja suatu hari nanti ia akan menjadi kekasihmu
Yang pailing setia. [HR Tirmidzi]
-------------------------------------------------------------------
Siapa yang lebih mencintai dunia rusaklah ahiratnya,
siapa yang lebih mencintai ahirat, maka tidak berartilah dunianya.
Maka perbanyaklah kecintaanmu kepada hal-hal yang lebih mengekalkan dari pada yang fanna.
[ Abu Musa]
-------------------------------------------------------------------
Bagi Sobat yang penasaran dengan wajah Sahabat Kecil Saya yang mungkin jika Sobat lihat sekilas nampak seperti Nizam, tau kan siapa Nizam?
Lihat persamaannya dengan seksama...
Muhammad Fandi Abdul Aziz |
Nizam Zaila Aly |
On 6:00:00 AM by Unknown in Islami No comments
Bagi yang tidak diizinkan memasukinya maka tiada tempat lagi baginya kecuali an naar (neraka). Suatu tempat tinggal yang penuh dengan kengerian yang tidak bisa digambarkan dengan kengerian di dunia. Sejelek-jeleknya tempat tinggal dan seburuk-buruknya tempat kembali. Itulah tempat tinggal yang bakal dihuni oleh orang-orang yang tidak mau tunduk dan taat kepada Allah subhanahu wata’ala dan itulah tempat kembali bagi orang-orang yang enggan terhadap petunjuk Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam.
Sudahkah kita siap mempertanggungjawabkan segala amal perbuatan yang kita lakukan di hari kiamat kelak? Inilah sebuah pertanyaan yang besar. Sebuah pertanyaan yang mesti membutuhkan jawaban. Maka siapkanlah jawabannya sebelum nanti ditanya di hari kiamat kelak!!! Ya, Allah selamatkanlah kami dari pedihnya adzab neraka!!!
Dari shahabat Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَوْ رَأَيْتُمْ مَا رَأَيْتُ لَضَحِكْتُمْ قَلِيلاً وَلَبَكَيْتُمْ كَثِيرًا. قَالُوا: وَمَا رَأَيْتَ يَا
رَسُولَ اللَّهِ ؟ قَالَ: رَأَيْتُ الْجَنَّةَ وَالنَّارَ.
Edisi kali ini akan menyajikan topik yang berkaitan dengan sifat-sifat An Naar. Dengan harapan dapat menambah rasa takut kita kepada Allah subhanahu wata’ala. Mendorong untuk berlomba-lomba memperbanyak amal kebajikan. Tiada benteng yang mampu menahan dahsyatnya api neraka melaikan benteng dari amal kebajikan.
Luas An Naar
---------------
An Naar (neraka) memiliki area yang amat luas yang daya tampungnya tidak akan penuh meskipun dimasuki oleh orang–orang durhaka sejak zaman Nabi Adam sampai hari kiamat. Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya):
“Pada hari itu Kami bertanya kepada Jahannam: “Apakah kamu sudah penuh?” Jahannam menjawab: “Masihkah ada tambahan?” (Qoof: 30)
Ayat di atas menggambarkan betapa luas dan besarnya Jahannam itu. Meskipun Jahannam dilempari dari seluruh jin dan manusia (yang durhaka) dari masa nabi Adam sampai hari kiamat nanti, namun belum bisa memenuhinya.
Kedalaman An Naar
-----------------------
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menggambarkan tentang dalamnya An Naar dalam sebuah hadits dari shahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, beliau berkata: “Kami pernah bersama Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba kami mendengar sesuatu yang jatuh, lalu beliau bersabda: “Tahukah kalian apakah itu?” Kami (para shahabat) menjawab: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Kemudian beliau shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
هَذَا حَجَرٌ رُمِيَ بِهِ فِي النَّارِ مُنْذُ سَبْعِينَ خَرِيفًا فَهُوَ يَهْوِي فِي النَّارِ الآنَ حَتَّى انْتَهَى إِلَى
.قَعْرِهَا
Masyaa Allah, betapa dalamnya An Naar!?!, sebuah batu yang dilemparkan dari tepi jurang/bibir An Naar, baru sampai ke dasarnya setelah 70 puluh tahun lamanya. Maka, jarak kedalaman An Naar itu hanya Allah subhanahu wata’ala lah yang tahu.
Pintu Jahannam
------------------
An Naar memiliki 7 pintu yang akan dilewati dari pintu-pintu tersebut oleh para penghuni neraka sesuai dengan kadar dosa dan maksiat yang mereka lakukan di dunia. Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya):
“Dan Sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengekor-pengekor setan) semuanya. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu, tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.” (Al Hijr: 43-44)
Belenggu An Naar
--------------------
Allah subhanahu wata’ala juga menyediakan belenggu-belenggu yang sangat berat dan menyiksa. Sehingga para penghuni An Naar itu tidak bisa lari dan berkutik. Siap merasakan hukuman dan siksaan. Allah berfirman (artinya): “Karena sesungguhnya pada sisi kami ada belenggu-belenggu yang berat dan neraka yang menyala-nyala.” (Al Muzammil: 12)
“Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu.” (Ibrahim : 49)
Penjaga An Naar
--------------------
Allah subhanahu wata’ala juga telah menyiapkan algojo yang siap mengawasi dan menyiksa para penghuni An Naar. Allah memilih algojo (penjaga) itu dari kalangan malaikat. Allah berfirman (artinya):
“Dan tiada Kami jadikan penjaga An Naar melainkan dari malaikat.” (Al Mudatstsir: 31)
Panas An Naar
-----------------
Para pembaca yang semoga Allah subhanahu wata’ala tetap melimpahkan rahmat-Nya kepada kita, bahwa An Naar (neraka) itu adalah suatu tempat tinggal yang memiliki daya panas yang dahsyat. Kadar terpanas yang ada di dunia itu belum seberapa dibanding dengan panasnya api neraka. Allah berfirman (artinya):
“Maka, Kami akan memperingatkan kamu dengan An Naar yang menyala-nyala.” (Al Lail : 14)
Bagaimana gambaran dahsyatnya api neraka yang telah Allah subhanahu wata’ala sediakan itu? Hal itu telah digambarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah hadist yang diriwayatkan shahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu:
“(Panasnya) api yang kalian (Bani Adam) nyalakan di dunia ini merupakan sebagian dari tujuh puluh bagian panasnya api neraka Jahannam.” Para sahabat bertanya: “Demi Allah, apakah itu sudah cukup wahai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam” Beliau shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “(Belum), sesungguhnya panasnya sebagian yang satu melebihi sebagian yang lainnya sebanyak enam puluh kali lipat.” (HR. Muslim no. 2843)
Api neraka itu juga melontarkan bunga-bunga api. Seberapa besar dan bagaimana warna bunga api tersebut? Allah subhanahu wata’ala telah gambarkan hal tersebut dalam surat Al Mursalat: 32-33 (artinya):
“Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana. Seolah-olah seperti iringan unta yang kuning.”
Berkata Asy Syaikh As Sa’di dalam tafsir ayat ini: “Sesungguhnya api neraka itu hitam mengerikan dan sangat panas.” (Lihat Taisirul Karimir Rahman)
Bagaimana dengan suara api neraka itu? Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya):
“Apabila An Naar melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara yang menyala-nyala.” (Al Furqon : 12)
Berkata As Sa’di dalam tafsirnya: “Sebelum orang-orang penghuni sampai ke An Naar, dari jauh mereka sudah mendengar kengerian suaranya yang menggoncangkan dan menyempitkan hati, hampir-hampir seorang dari mereka mati karena ketakutan dengan suaranya. Sungguh api neraka itu murka kepada mereka karena kemurkaan Allah. Dan semakin bertambah murkanya disebabkan semakin besar kekufuran dan kedurhakaan mereka kepada Allah. (Lihat Taisirul Karimir Rahman)
Lalu dari bahan bakar apakah yang dengannya Allah subhanahu wata’ala menjadikan api neraka itu dahsyat dan bersuara yang mengerikan? Ketahuilah, untuk menunjukkan semakin ngerinya dan pedihnya siksaan di neraka, maka Allah subhanahu wata’ala jadikan bahan bakar api neraka itu dari manusia dan batu. Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya):
“Jagalah dirimu dari (lahapan api) neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (Al Baqarah: 24)
Makanan Dan Minuman Penghuni An Naar
----------------------------------------------
Apakah para penghuni jahannam juga mendapatkan hidangan makan dan minuman? Ya, tapi tidak seperti penjara di dunia yang masih menaruh belas kasih. Penjara di akhirat itu adalah tempat siksaan diatas siksaan dan kepedihan diatas kepedihan. Makanan dan minuman yang dihidangkan pun sebagai bentuk adzab dan siksaan.
a. Makanan Yang Berduri
-----------------------------
Allah berfirman (artinya):
“Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan rasa lapar.” (Al Ghasiyah: 6-7)
“Dan makanan yang menyumbat di kerongkongan dan azab yang pedih.” Al Muzammil: 13
Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma menjelaskan tentang ayat diatas: Bahwa “makanan yang menyumbat di kerongkongan” itu adalah duri yang nyangkut di kerongkongan yang tidak bisa masuk dan tidak pula keluar. Sehingga makanan itu hanya akan menambah kepedihan dan kesengsaraan.
b. Pohon Zaqqum
--------------------
Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya):
“Sesungguhnya kalian wahai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, kalian benar-benar akan memakan pohon zaqqum. Dan kalian akan memenuhi perutmu dengannya.” (Al Waqi’ah: 51-53)
Apakah pohon zaqquum itu? Apakah pohon itu enak lagi lezat? Tentu tidak, justru pohon itu hanya akan menambah kepedihan dan kesengsaraan pula.
Allah subhanahu wata’ala mensifati lebih lanjut tentang pohon zaqqum dalam ayat lainnya (artinya):
“Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka jahim. Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu. Maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum tersebut.” (Ash Shaffat : 64-66)
Tatkala para penghuni neraka haus karena terbakar. Maka Allah subhanahu wata’ala sudah siapkan hidangan minuman bagi mereka yang akan menambah pedih siksaan mereka. Minuman berupa nanah dan air panas yang dapat memotong usus-usus mereka. Allah berfirman (artinya):
“Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas..” (Ash Shaffat: 67-68)
“… dan mereka diberi minuman air yang mendidih sehingga memotong usus-usus mereka.” (Muhammad: 15)
“Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah.” An Naba’ : 24-25
Pakaian Penghuni An Naar
------------------------------
Mereka juga akan dikenakan pakaian. Tentu pakaian itu tidak dibuat untuk kenyamanan. Justru pakaian itu sengaja disiapkan untuk menambah kesengsaraan bagi para penghuni nereka. Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya):
“Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api neraka.” (Ibrahim : 50)
“Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka…,” (Al Haj : 19)
Tempat Tidur Penghuni An Naar
-------------------------------------
Demikian juga mereka telah disiapkan tempat tidur dan selimut. Yang sengaja dibuat untuk menambah kepedihan adzab bagi mereka. Allah subhanahu wata’ala berfirman:
“Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka). Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang zhalim.” (Al A’raf: 41)
Pembaca yang dimuliakan Allah, setelah kita mengetahui kengerian dahsyatnya adzab neraka, maka banyak-banyaklah kita berdo’a, bertaubat dan beramal shalih. Karena Allah dengan rahmat-Nya hanya akan menyelamatkan hamba-hamba-Nya yang bertaqwa kepada-Nya dan takut dari adzab neraka. Yaitu dengan melaksakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi laranga-larangan-Nya. Ya Allah, tunjukilah kami ke dalam jalan-Mu yang lurus yang menghantarkan ke dalam Al Jannah (surga) dan jauhkanlah kami dari jalan-jalan yang menghantarkan ke dalam api neraka.!!! Amiin, Ya Rabbal alamiin. (ahnaaf.wordpress.com)
Untuk Thaghut beserta Bala Tentara Thaghut Laknatullah alaihim ajmain yg menjaga & menegakkan berhala Burung Gepeng Garuda dengan besi & api, yg menegakkan & menjaga Hukum Thaghut dengan besi & api maka ayat ini utk mereka :
Dan dia menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah untuk menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah: “BERSENANG-SENANGLAH KAMU DENGAN KEKAFIRAN ITU SEMENTARA WAKTU. SUNGGUH KAMU TERMASUK PENGHUNI NEREKA." [Az Zumar : 8]
So, you have probably heard a few things about Search Engine Optimization and at the moment you are trying to study more about SEO. Well, your primary goals in the SEO are to boost your web sites position in the search engine results pages and raise web site traffic.

Google Page rank presents how significant your web site is compared to other web sites and Alexa Rank is how many people gets in relation to other web sites on the Internet. You are aiming to obtain a high Google PR and a low Alexa Rank.
What is Google PageRank?
Google Page Rank is a tool designed to rank a web site that is listed in the Google index. A Page rank of a web page is given on a scale of 0-10. 0 is the lowest possible score for a web site and 10 is the highest .
High Page rank is defined by the amount, relevance and importance of webpages which link to the webpage. When a webpage links to other webpage, Google believe that to be a vote for the page. There is a formula related to how Page Rank is. If you are interested in the theory of the PageRank then a quick exploration on Google will provide productive.
Current PR is updated very often. It is really updated much more frequently than PR toolbar. Many people believe that when the toolbar PR updates their websites will either gain or lose visitors. It is not true.
Only algorithm updates will increase or decrease your web site visitors, which are done just about every day. The algorithm is the utterly complicated formula which Google uses to rank Web site pages.
What is the Alexa Rank?
Alexa Rank is different to Google PageRank. Alexa rank based solely on to the web site. Alexa rank is based in descending order towards 1, where highly visited web site is given a rank of 1. Alexa Rankings differ from 1 to a billion. All websites in the world are included in the Alexa Rank, so Alexa ranking is continually varying in relation to other web sites.
Alexa traffic ranking has an image for being inexact. But, commonly a Web site with an Alexa traffic ranking of 100,000 or less gets good traffic.
How can you improve your Google PageRank?
1. Create search engine optimized website. Your website must be complete of worth. Try for a keyword density of 3-7% and make certain that all keywords and content are relative to your website's idea.
2. Use META and title tags properly. One of the largest factors in SEO are META and title tags. You should make sure that title tag is accurate and that the META tag describes your website well.
3. Submit your site to the Google sitemap. Do so when the website is fulfilled.
4. Build targeted traffic to your website.
How can you improve your Alexa Rank?
All you need to do is pick up your traffic to your website. Do not go for submission to 450,000 search engines, this is the worst thing you can do. Participate in many webmaster forums which let you put your web site in your signature. Web masters often have the Alexa toolbar installed.
Sunday, November 4, 2012
On 4:03:00 PM by Unknown in Islami No comments
Tiada kitab di dunia ini yang diagungkan sebegitu murninya kecuali Al Quran karena itu dianggap suara Tuhan langsung kepada Nabi. Kalau jaman sekarang itu diibaratkan sebuah Flash Disk dijatuhkan Tuhan dari langit mak gedebuk, sampai ke bumi lalu di print masal lalu di bagi-bagikan ke manusia-manusia berbagai macam suku ke seluruh penjuru dunia. Pengertiannya seperti itu. Makanya kitab tersebut mati-matian di bela karena suci murni dan asli, di cintai, di hormati di agungkan melebihi keagungan Tuhan itu sendiri. Tuhan pun tersisih, tidak pernah di bawa-bawa lagi sebagai acuan menyelesaikan masalah dengan lemah gemulai dan santun. Patokannya kitab, kalau di kitab bilang di bunuh ya di bunuh, di bakar ya di bakar. Itu legal karena itu suara Tuhan.
Al Quran Tertua
Di Sana'a, ibu kota Yaman, pada th 1972 di temukan sebuah kumpulan naskah dalam jumlah yang sangat besar di ruang atas dekat atap. Seluruh tumpukan naskah ini berada diantara tumpukan karung kentang. Tumpukan naskah itu tetap akan tidak diketahui jika saja Dr. Gerard Puin tidak datang ke tempat itu 7 tahun kemudian. Dr. Gerard Puin (http://en.wikipedia.org/wiki/Gerd_R._Puin) adalah ilmuwan Jerman yang ahli Qur’an. Seorang pakar filologi dan ahli bahasa-bahasa Semitis pakar kaligrafi Arab dan paleografi Alquran dari Universitas Sarre, Jerman.
Empat pecahan naskah penemuan Puin berisi bagian terakhir Al Qur’an. Dan tidak seperti kitab yang ada sekarang, naskah itu terdapat gambar mesjid. Hal ini merupakan bukti penting keaslian naskah tersebut.
Berdasarkan penelitian lebih lanjut di ketahui bahwa mushof tersebut adalah Al Quran paling tua di dunia di tulis pada abad ke tujuh dan ke 8. Jika penelitian ini benar, terutama menyangkut tahun, maka ini berarti Al Qur’an tidak disusun oleh sahabat-sahabat nabi sebagai satu rangkuman dan satu keseluruhan di tahun 650M, tapi dikembangkan bertahun-tahun lamanya setelah itu.
Untuk diketahui, hingga saat ini, ada tiga "copy" mushaf Alquran yg sudah ditemukan yaitu dua mushaf Alquran abad ke-8, masing-masing disimpan di Perpustakaan Tashkent, Uzbekistan, dan di Museum Topkapi di Istanbul. Mushaf ketiga berupa manuskrip Ma'il dari abad ketujuh, disimpan di British Library, London, Inggris.
Sejarah Pengumpulan Al Qur'an
Carut marut pendapat pengumpulan naskah-naskah kitab menjadi 1 kesatuan bukan hanya membingungkan generasi sekarang, karena generasi tua pun sudah mengalami kebingungan yang sama. Ada yang mengatakan bahwa qur’an belum dikumpulkan dalam satu mushaf hingga setelah nabi SAW meninggal ditahun 11 H / 632 M. (Sumber ; Fath al Bari 13th vol Ahmad b. Ali b. Muhammad al 'Asqalani, ibn Hajar Cairo 1939, vol. 9, p.9 [Zaid b. Thabit berkata:] "Nabi wafat dan Qur’an belum dikumpulkan dalam satu tempat ")
Tapi ada juga yang mengatakan bahwa nabi SAW telah mengumpulkan satu Al Quran selama hidupnya. Kemungkinan terbesar adalah saat tahun-tahun awalnya di Madinah. (Sumber : Zarkashi, al Burhan fi ulum al Quran, vol 1 p 235, 237-38, 256, 258) Pernah di sebutkan nabi memberitahukan kepada Ali tempat penyimpanan kitab Az-Sanjani, Tarikh, p 66 Diriwayatkan bahwa nabi SAW pernah berkata kepada Ali : “Hai Ali, al-Qur’an ada dibelakang tempat tidurku, (tertulis) di atas suhuf, sutera dan kertas. Ambil dan kumpulkanlah. Ali menuju ketempat itu dan membungkus bahan-bahan tersebut dengan kain berwarna kuning.
Okelah kita tidak perlu mempermasalahkan sejak kapan pencatatan kitab ini dilakukan, yang jelas 2 tahun setelah nabi wafat banyak terjadi pertempuran2 yang mengakibatkan penghapal kitab menghilang. Bisa di tawan bisa juga wafat. Dikutip dari : Muqadimah Al-Qur’an Halaman 23 Diantara peperangan-peperangan itu yang terkenal adalah peperangan Yamamah. Tentara Islam yang ikut dalam peperangan ini kebanyakan terdiri dari para sahabat dan para penghafal Al-Qur’an. Dalam peperangan ini telah gugur 70 orang penghafal Al-Qur’an. Bahkan sebelum itu gugur pula hampir sebanyak itu dari penghafal Al-Qur’an di masa nabi pada suatu pertempuran di sumur Ma’unah dekat kota Madinah
Khawatir jika sebagian besar kitab lenyap bersamaan dengan meninggalnya penghafal, Abu Bakar, khalifah pertama memerintahkan pengumpulan Al Qur’an. Sahabat-sahabat nabi dan penghafal qur’an diminta untuk datang dan menginformasikan apa yang mereka ketahui baik bahan tertulis maupun hafalan. Abu Bakar memerintahkan Umar bin Khattab dan Zaid bin Tsabit untuk duduk dimuka pintu masuk masjid di Medina dan menuliskan setiap ayat atau bagian qur’an dimana setidaknya dikuatkan oleh kesaksikan 2 orang. Dalam satu kasus khusus, kesaksian 1 orang dianggap cukup yaitu dalam kasus 2 ayat terakhir dari surah 9 dimana hanya ditemukan pada Abu Khuzaima. (Sumber : Bukhari, Sahih, vol 3 p 392-93.)
Namun sebenarnya bukan hanya Abu Bakar yang berinisiatif mengumpulkan naskah-naskah Al Qur'an itu dalam satu kitab, setidaknya ada 7 versi pengumpulan pertama Al-Qur’an :
- Umar = Versi ini yang paling umum diterima dimana menyebutkan bahwa ide pengumpulan adalah berasal dari Umar yang dia sampaikan kepada Abu Bakar. Bukhari, Volume 006, Buku 061, Hadis nomor 509
- Abu Bakar (di atas)
- Ali = Ada juga banyak laporan bahwa setelah nabi SAW meninggal, Ali bersumpah untuk tidak keluar dari rumah hingga berhasil mengumpulkan seluruh qur’an dalam satu mushaf. Ali bahkan tidak hadir saat pelantikan Abu Bakar sebagai khalifah pengganti kepemimpinan nabi SAW. Sumber : Ibn Sa’d, Kitab al Tabaqat al Kabir, vol 2 p 338
- Salim = Laporan lainnya menyatakan bahwa orang pertama yang mengumpulkan Qur’an adalah Salim, salah satu pelanggan Abu Hudayfa. Sumber : Suyuthi, al Itqan fi ulum al Quran, vol 1 p 205,
- Umar = Karena Abu Bakar menolak mengumpulkan Al-Qur’an dengan alasan nabi tidak pernah melakukannya, maka Umar mengambil inisiatif sendiri untuk mengumpulkan Al-Qur’an dan menuliskannya sendiri. Kemudian Umar memerintahkan 25 orang Quraish dan 50 orang Anshar untuk menyalinnya dan mengajukannya kepada Said ibn al Ash. Jadi disini tidak ada peran Usman dan Zaid bin Tsabit sama sekali.
- Umar = Akibatnya muncullah laporan lain untuk menyelaraskan pertentangan ini dengan menyebutkan bahwa pengumpulan dilakukan oleh khalifah Umar, namun beliau meninggal sebelum pengumpulan selesai. Tugas ini kemudian dilanjutkan oleh Usman yang berhasil mengumpulkan quran yang resmi dalam satu mushaf. Dikutip dari : Abu Hilal al Askari, vol 1 p 219
- Usman = Pengumpulan dilakukan oleh khalifah Usman. Jadi dalam hal ini sama sekali tidak ada peran dari Abu Bakar dan Umar dalam proses pengumpulan Al-qur’an Sumber : Ibn Asakir, Biography of Uthman, p 170
Ada versi pengumpulan yang tertuang di dalam hadist dan ini lah yang sepertinya diterima oleh umum Sahih Bukhari Volume 6, Buku 61, Nomor 510 :
Dikisahkan oleh Anas bin Malik : Hudhaifa bin Al-Yaman menghadap Usman. Ia tengah memimpin penduduk Siria dan Irak dalam suatu ekspedisi militer ke Armenia dan Azerbaijan. Hudhaifa merasa cemas oleh pertengkaran mereka (penduduk Siria dan Irak) tentang bacaan Al-qur’an. Maka berkatalah Hudhaifa kepada Usman : “Wahai Amir Al-Mu’minin, selamatkanlah umat ini sebelum mereka bertikai tentang Kitab (Allah), sebagaimana yang telah terjadi pada umat Yahudi dan Nasrani pada masa lalu.” Kemudian Usman mengirim utusan kepada Hafsa dengan pesan : “Kirimkanlah kepada kami shuhuf yang ada ditanganmu, sehingga bisa diperbanyak serta disalin ke dalam mushaf-mushaf, dan setelah itu akan dikembalikan kepadamu.” Hafsah mengirim shuhufnya kepada Usman. Usman kemudian memerintahkan Zaid bin Thabit, 'Abdullah bin AzZubair, Said bin Al-As dan 'AbdurRahman bin Harith bin Hisham untuk menulis ulang manuskrip dengan sempurna. Usman berkata kepada ketiga orang Quraish, “Jika kamu berbeda pendapat dengan Zaid bin Thabit, maka tulislah dalam dialek Quraish karena Qur’an diturunkan dalam dialek tersebut. Mereka melakukannya dan kemudian membuat beberapa copy. Usman mengembalikan mushaf asli kepada Hafsah. Mushaf-mushaf salinan yang ada kemudian dikirim Usman ke setiap provinsi dengan perintah agar seluruh rekaman tertulis al Qur'an yang ada - baik dalam bentuk fragmen atau kodeks - dibakar habis. Zaid bin Thabit berkata, “Satu ayat dari sura Ahzab hilang olehku saat kami mengcopy Qur’an dan aku biasa mendengar Rasulullah membacanya. Maka kami mencari ayat tersebut dan menemukannya pada Khuzaimah bin Thabit Al ansari. Ayat tersebut adalah : “Diantara orang-orang mumin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah. (33 : 23)
Jadi Usman saat menjabat khalifah meminjam suhuf dari Hafsa dan kemudian menyalinnya dan menjilid dalam satu buku qur’an. Usman membuat beberapa copy dan dikirim ke beberapa daerah Islam dan kemudian memerintahkan pembakaran semua salinan Al Qur’an yang lainnya dimanapun ditemukan.
Menurut Sumber : Muqadimah Al-Qur’an Bab Satu, halaman 25 alasan Usman membuat satu standar Al-Qur’an yaitu karena adanya perbedaan Al Qur'an antara pengikut Ibn Mas'ud (Prajurit Irak) dan Ubay Bin Kaab (Prajurit Syiria) sebagaimana dilaporkan oleh Huzaifah bin Yaman
Tindakan Usman membakar salinan Al-Qur'an ini tidaklah disetujui secara aklamasi oleh komnitas muslim awal. Sumber : Abi Dawud Kitab al-Masahif; dan al-Tabari, buku 1, chpt. 6, no. 2952 : Proses pembakaran terhadap salinan Qur’an yang ditulis oleh para saksi mata oleh Usman ini tidaklah disetujui oleh komunitas muslim secara umum. Mereka menyatakan bahwa Usman telah memusnahkan kitab Allah karena sesungguhnya Al Qur’an adalah dalam banyak bentuk, dan Usman telah memusnahkan semuanya kecuali satu.
Al Qur'an sebagai hasil pengumpulan dari usman ini di simpan di KAIRO
Hilangnya beberapa Naskah
Dalam proses penyatuan Al Quran tersebut bukanlah mulus seperti naik mobil di jalan tol, penuh keruwetan kebingungan bahkan ternyata malah di katakan Al Qur'an yang ada sekarang ini konon tinggal 1/3 nya saja, banyak yang hilang. (saya masih mencari di mana sumber pustaka yang bisa dipercaya mengatakan jumlah pas 1/3 itu) selama belum ketemu sumber yang dipercaya, saya katakan angka tersebut cuma mitos saja.
Lalu bagaimana dengan nasib lembaran-lembaran Al Quran yang dkumpulkan pada jaman Abu Bakar - Zaid bin Tsabit ? lembaran ini ternyata tetap ditangan Abu Bakar sampai dia meninggal, kemudian dipindahkan ke rumah Umar bin Khattab dan tetap ada di sana selama masa pemerintahannya. Sesudah Umar wafat, lembaran itu dipindahkan ke rumah Hafsah (puteri Umar sekaligus istri Nabi). Yang membingungkan mengapa lembaran itu cuma disimpan saja dan tidak di sebar luaskan kepada masyarakat umum. Supaya bisa di hapal. Bukankan maksud di kumpulkannya lembaran-lembaran Al Quran adalah untuk menanggulangi kekhawatiran musnahnya hapalan Al Quran akibat peperangan ?
Yang membingungkan lagi lembaran-lembaran “asli” yang dikoleksi oleh Abu Bakar - Umar - Hafsah yang seharusnya menjadi dasar penyusunan mushaf Usman inipun pada akhirnya dimusnahkan oleh Marwan bin Al-Hakam. Berita ini berdasarkan Studi Ulumul Qur'an, Muhammad bin Muhammad Abu Syuhbah Pustaka Setia, Juni 2003, halaman 40. Sepulangnya dari mengiring jenasah Hafsa, Marwan ibn Al-Hakam mengirim surat kepada saudara Hafsah, Abdulah ibn Umar, untuk mengirimkan mushaf-mushaf itu kepada Marwan dan menyuruhnya untuk merobek-robek mushaf tersebut Dia berkata, "Saya lakukan hal ini karena khawatir, ketika zaman berlalu atau dikemudian hari, manusia akan meragukan keadaan ini."
Apakah Marwan tahu kalau lembaran-lembaran asli itu tidak sama ketika dibandingkan dengan copy an yang di tuliskan ulang pada jaman Usman dan Zaid bin Thabit (Sahih Bukhari Volume 6, Buku 61, Nomor 510)? atau telah berubah dari aslinya atau ada unsur politik tertentu ? Belum ada jawaban yang pasti ketika saya cari2 di pustaka-pustaka media.
Siapakah Marwan bik Al-Hakam ? Dia adalah Khalifah Bani Umayyah http://id.wikipedia.org/wiki/Marwan_bin_al-Hakam
Saya kira ini alasan Marwan merobek Mushaf yang distandarisasi oleh Usman ditulis dalam bahasa Arab yang masih sangat sederhana, dimana :
1. Tidak ada tanda baca
2. Tidak ada indikasi huruf hidup
3. Tidak ada pembeda konsonan yang bersimbol sama (15 konsonan bisa dibaca menjadi 28 konsonan yang berbeda)
Karenanya tulisan mushaf Usman tersebut bisa dibaca dengan berbagai macam cara yang berbeda-beda. Tergantung penambahan huruf hidupnya dan penambahan titik diakritis terhadap konsonannya. Akibatnya timbullah bermacam-macam variasi bacaan, maka lagi-lagi harus dilakukan standarisasi pasca Usman :
Untuk mengatasi Varian-varian bacaan yg semakin liar, pada tahun 322 H (944 M), Khalifah Abbasiyah lewat dua orang menterinya Ibn Isa dan Ibn Muqlah, memerintahkan Ibn Mujahid (w. 324 H) melakukan penertiban. Setelah membanding2kan semua mushof yg ada di tangannya, Ibn Mujahid memilih tujuh varian bacaan dari para qurra ternama, yakni :
1. Nafi (Madinah)
2. Ibn Kathir (Mekah)
3. Ibn Amir (Syam)
4. Abu Amr (Bashrah)
5. Asim, Hamzah, dan Kisai (ketiganya dari Kufah).
Tindakannya ini berdasarkan hadis Nabi yang mengatakan bahwa “Alquran diturunkan dalam tujuh huruf.” Adanya perbedaan tulisan Al-Qur’an ini dilaporkan juga oleh seorang ulama yaitu ibn al-Nadim di tahun 988 M. Sumber : Fihrist, Ibn al-Nadim, halaman 79
Sebelum menelaah lebih lanjut saya rangkum beberapa carut marut dalam pengumpulan lembaran-lembaran Al Qur'an menjadi 1 kesatuan :
- Laporan Umar --> Umar mencari ayat tertentu yang hanya diingatnya samar-samar. Namun dengan menyesal akhirnya Umar menemukan bahwa orang yang menghafal ayat tersebut telah terbunuh dalam perang Yamama sehingga ayat tersebut hilang selamanya. Ia mengekspresikan rasa kehilangannya dengan mengucapkan inna li-llahi wa inna ilayhi raji un, lalu memerintahkan untuk mengumpulkan Al-Qur’an, sehingga Umar adalah orang yang pertama yang mengumpulkan Al-Qur’an kedalam mushaf. Sumber : Ibn Abi Shayba, vol 14 p 564, ekspresi yang digunakan adalah Faqadnah, artinya “kita kehilangan ayat tersebut” Atau mungkin hilang, termasuk didalamnya adalah ayat tentang kewajiban terhadap orang tua Sumber : Bukhari, vol 4 p 306 lalu ayat tentang tentang jihad Sumber : Muhasibi, Fahm al Quran an wa manih , p 403
- Ayat tentang Hukum Rajam--> Sumber Bukhari: vol. 8, hadis 817, halaman 539-540; buku 82 dan diantara yang dinyatakan Allah adalah ayat-ayat tentang Rajam, dan kami telah menghafalkan dan mengerti ayat-ayat tersebut. Rasul Allah melakukan hukuman ini begitu juga kami. Saya khawatir bahwa setelah waktu lama berlalu, seseorang akan berkata, Demi Allah, kami tidak menemukan ayat-ayat Rajam dalam buku Allah” Tetapi Umar tidak dapat meyakinkan sahabat-sahabatnya untuk memasukkan ayat rajam kedalam AL Qur’an sebab tidak ada yang mendukung pendapatnya. Sumber : Suyuthi, al Itqan fi ulum al Quran, vol 1 p 206 Menurut laporan Suyuthi dala Al-Itqan, ayat rajam ini dilaporkan ada dalam mushaf Ubay bin Ka’b dan ditempatkan di sura 33. Bunyi ayat ini adalah :Apabila seorang laki-laki dewasa dan seorang perempuan dewasa berzina, maka rajamlah keduanya,itulah kepastian hukum dari Tuhan, dan Tuhan maha kuasa lagi bijaksana.
- Laporan Aisyiah --> Aisha melaporkan bahwa bahwa ada satu lembaran yang berisi 2 ayat, termasuk ayat-ayat rajam, ditulis dalam lembaran yang disimpan dibawah tempat tidurnya. Sayang pada waktu pemakaman nabi SAW, seekor binatang memakannya hingga musnah. Disebutkan dalam bahasa Arab “dajin”, yang dapat berarti hewan seperti kambing, domba ataupun unggas. Sumber : Ibrahim b. Ishaq al Harbis, Gharib al hadith menyebutkan “shal” yang berarti domba. Aisha juga menyatakan bahwa saat nabi SAW hidup, sura 33 (al-Ahzab) adalah 3 kali lebih panjang daripada yang ada dalam mushaf Usman. Sumber : Al Raghib al Isfahani, Muhadarat al Udaba, vol 4 p 434. Suyuthi, al Itqan fi ulum al Quran, vol 1 p 226 Kutipan dari Suyuthi :Aisyah berkata, "Surah al-Ahzab dibaca pada zaman Rasulullah sebanyak 200 ayat, tetapi pada masa Usman menulis mushaf surah tersebut tinggal 173 ayat saja"
- Laporan Anas Bin Malik ---> Ada satu ayat yang turun saat beberapa muslim terbunuh dalam perang, tetapi kemudian hilang. Sumber : Muhasibi, Fahm al Quran an wa manih , p 399 Ayat yang diingat Anas bin Malik adalah :Sampaikanlah kepada kaum kami bahwa kami telah bertemu Tuhan kami, dan Dia ridha kepada kami serta kamipun ridha kepadaNya.
- Laporan Abdullah bin Umar --> Sumber : Suyuthi, al Itqan fi ulum al Quran, vol 3 p 81-82 Yang dikatakan oleh Abdullah bin Umar adalah :Sungguh seorang diantara kamu akan berkata, “Saya telah mendapatkan Al-Qur’an yang lengkap.” Dan tidak mengatahui taraf kelengkapannya. Sesungguhnya banyak bagian Al-Qur’an yang telah hilang, dan karena itu seharusnya ia berkata, “Saya telah mendapatkan yang masih ada”
- Laporan Hudhayfa --> Hudhayfa b. al-Yaman yang menemukan sekitar 70 ayat tidak tercantum dalam mushaf Usman. Ayat-ayat yang biasa dibacanya saat nabi SAW masih hidup. Sumber : Suyuti, al Durre Manthur, vol 5 p 180, mengutip dari Bukhari, Kitab at Tarikh. Hudhayfa juga meyakini bahwa Sura 9 (al-Bara'a) dalam mushaf Usman hanyalah ¼ dari yang biasa dibacakan saat nabi SAW masih hidup. Sumber : Al Hakim al Naysaburi, al Mustadrak, vol 2 p 331. Dilaporkan juga bahwa Suras 15 (al-Hijr) and 24 (al-Nur) seharusnya lebih panjang dari yang tercantum dalam mushaf Usman. Sumber : Sulaym b. Qays al Hilali, Kitab Sulaymn b. Qays, p 108
- Laporan Abu Musa --> Abu Musa al-Ash'ari mengingat keberadaan 2 sura yang panjang dimana hanya satu ayat dari 2 sura itu yang dia masih ingat. Namun 2 sura itu tidak ada dalam mushaf Usman. Sumber : Muslim, vol 2 p 726 dan Bayhaqi, Dalai, vol 7 p 156
- Laporan Ibn Abas --> Dikutip dari Sahih Muslim no. 2285 Ibn Abbas melaporkan bahwa rasulullah berkata, “Jika anak Adam memiliki timbunan kekayaan, dia akan mencari yang berikutnya, dan dia tidak akan merasa kenyang kecuali dengan debu .....
- Laporan Maslama b. Mukhallad al-Ansari --> Maslama menyebutkan 2 ayat lagi yang tidak terdapat dalam mushaf Usman. Sumber : Suyuthi, al Itqan fi ulum al Quran, vol 3 p 84 Ayat yang dimaksud berbunyi : 1. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjuang di jalan Allah dengan harta dan jiwa mereka, maka bergembiralah kamu, karena sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang beruntung 2. Dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan membantu serta berperang bersama mereka melawan kaum yang dikutuk Tuhan, maka tak satu jiwapun yang mengetahui apa yang disimpankan untuk mereka dari berbagai hal yang menyenangkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang mereka lakukan. Dan Aisha melengkapi dengan ayat yang ke 3. Sumber : Abd al Razzaq, vol 7 p 470
- Laporan Ibn Mas’ud --> Suyuthi, al Itqan fi Ulum al Quran, vol 1 p 224, 226, 270-73 Menurut laporan Suyuthi : Ibn Mas’ud menolak memasukkan surah 1, 113 dan 114, karena sura-sura tersebut adalah doa-doa dan mantera untuk mengusir setan. Hal ini diperkuat dengan laporan dari al Razi, al Tabari dan Ibn Hajar. Namun ada beberapa kata dan kalimat dalam mushaf Mas’ud yang tidak terdapat dalam mushaf Usman
- Laporan Usman --> kesalahan mushaf ternyata diketahui juga oleh Usman, laporannya adalah sbb : Biographical Dictionary Ibn Khallikan, p. 401 : Abu Amr menyatakan bahwa dia mendengar kisah ini dari Katada as Sadusi : “Ketika mushaf Usman ditulis dan diserahkan kepada Usman bin Affan, dia berkata, ‘Ada kesalahan-kesalahan bahasa didalam mushaf, tetapi biarkan orang-orang Arab di padang pasir memperbaikinya dengan pengucapan mereka.
Seorang pakar Al-qur’an di Indonesia yaitu DR. Quraish Shihab dalam pengantarnya untuk buku Rekonstruksi Sejarah Al-Qur'an karya Taufik Adnan Amal, FKBA, 2001, berkata sbb : halaman xvii Artinya, masih diperlukan upaya-upaya serius untuk "mengakhiri" berbagai hal yang menyelimuti sejarah al-qur'an..................
Sementara seorang pakar muslim dari Libanon, DR Subhi as Shalih berpendapat :
Membahas Ilmu Ilmu al-Qur'an DR. Subhi As Shalih Pustaka Firdaus, April 2001, hal 1 : ada banyak riwayat dan pendapat dalam kitab-kitab sebelumnya yang saling bertentangan hal-hal yang kontradiktif tadi merupakan sumber penyakit dan pangkal musibah bagi umat Islam.
Sementara seorang pemikir muda yaitu Sumanto Al-Qurtuby yang juga adalah Direktur Eksekutif ILHAM Institute berpendapat : Sumber : Lubang Hitam Agama Sumanto Al-Qurtuby Penerbit RumahKata, 2005, halaman 36 – 37 Menyadari realitas sejarah yang demikian, umat Islam bukan melakukan kritik diri sebaliknya membela mati-matian otoritas dan supremasi teks Al-Qur’an seraya menggembar-gemborkan sebagai teks yang otentik, asli, original, made in Tuhan, bukan teks palsu, imitasi seperti Bibel, Injil dan lainnya. Ini adalah bagian dari lelucon yang tidak lucu dari umat Islam yang katanya umat terbaik.
Ada sebuah cerita di hadist yang menggelitik bahwa sejak jaman nabi pun carut marut mengenai Al Qur'an ini sudah terjadi. Hadis Sahih Bukhari Volume 3, Buku 41, Nomer 601:
Dikisahkan oleh 'Umar bin Al-Khattab: Aku dengar Hisham bin Hakim bin Hizam melafalkan Surat-al-Furqan dengan cara yang berbeda dengan caraku. Rasul Allah telah mengajarkan padaku (dengan cara yang berbeda). Lalu, aku hampir saja ingin bertengkar dengan dia (pada saat sembahyang) tapi aku tunggu sampai dia selesai, lalu aku ikat bajunya di sekeliling lehernya dan kuseret dan kubawanya menghadap Rasul Allah dan berkata, “Aku telah mendengar dia melafalkan Surat-al-Furqan dengan cara yang berbeda dengan yang kau ajarkan padaku.” Sang Rasul menyuruhku melepaskan dia dan meminta Hisham melafalkannya. Ketika dia melakukan itu, Rasul Allah berkata, “Itu (Surat-al-Furqan ) dilafalkan begitu.” Sang Rasul lalu meminta aku melafalkannya. Ketika aku melakukannya, dia berkata, “Itu dilafalkan begitu. Qur’an telah dinyatakan dalam tujuh cara yang berbeda, jadi lafalkan dengan cara yang mudah bagimu.”
Al-Qur’an Sekarang Adalah Hasil Tulis Ulang di KAIRO 1923
Upaya terakhir untuk menstandarisasi Al-Qur’an dilakukan di Kairo Mesir ditahun 1923/1924. Satu catatan yang unik adalah mushaf Kairo 1924 ini TIDAK DISUSUN DARI NASKAH KUNO YANG MANAPUN, melainkan DIKLAIM mendasarkan pada murni “HAFALAN”.
Subscribe to:
Posts (Atom)
Search
Popular Posts
-
Jual Obat Aborsi Penggugur Kandungan Jual Obat Aborsi Penggugur Kandungan MURAH DAN BERKUALITAS. ALTERNATIF ABORSI MURAH DAN TERJAMIN ...
-
If you miss windows classic mode like me, i can share the trick how meet windows classic in windows 7. Nothing all display in windows 98 w...
-
Assalamu'alaikum Sobat BS. Yang beragama islam, ada yang udah puasa hari ini? kalo Aku hari besok, karna tadi malem ga liat bulan ni...
-
Inilah poin-poin cara menaikkan traffic website. I. Pendahuluan A. Latar belakang pentingnya meningkatkan trafik web B. Tujuan dari membuat...
-
In the world of technology, Web 3.0 is often referred to as the next generation of web development and design. It promises to revolutioniz...
-
Purwokerto-Incredible - Kali ini, saya akan memberikan artikel menarik tentang 10 orang yang paling berpengaruh di dunia teknologi dan i...
-
Assalamu ‘alaikum warahmatullah wa baraakatuh Oke Sobat BS, kali ini aku mau berbagi Trik Komputer nih. Dan Trik kali ini adalah Memblokir...
-
Ketika membaca sebuah artikel mengenai ini, aku sedikit takut. Apa yang aku impikan ternyata mempunyai resiko yang sangat tinggi. Oke jika...
-
Tanah Surga.. Katanya adalah film drama Indonesia . Film ini disutradarai oleh Herwin Novianto . Film ini dibintangi oleh Osa Aji Santos...
-
Hehehehehhe :D lama ga bagi-bagi ilmu Pelajaran, nih saya kasih Ilmu Pendidikan Kewarganegaraan Bab Bela Negara, itu Bab I di pelaj...