| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Sunday, October 28, 2012

On 1:01:00 AM by Muhammad Abdurrahman in , , ,    2 comments
Wah hari Sumpah Pemuda nih, nah pada hari yang Istimewa ini Saya akan sharing Program-Program yang Wajib kamu miliki di Komputer, laptop, atau notebook kamu.

6 Program Penting yang Sering Terlupakan
Bagi kamu yang memiliki komputer dan sering terhubung ke internet, tentu tahu pentingnya keamanan ketika menjelajah berbagai website dan kebanyakan dari kamu memiliki program antivirus, anti malware atau software keamanan lainnya. Namun, sebenarnya ada program lain selain software keamanan tersebut yang kamu perlukan untuk menjaga kestabilan dan keamanan komputerkamu.
6 program di bawah akan membuat komputer kamu berjalan lebih stabil dan lebih cepat.

  1. Program Backup

Kebanyakan dari kamu mungkin jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah menggunakan program backup pada komputer kamu. Software backup dapat kamu peroleh dengan mudah dan tidak sedikit yang bisa kamu gunakan secara gratis.
Alasan menggunakan program backup :
  • Miliki data cadangan apabila data kamu rusak atau bermasalah.
  • Data pekerjaan kamu tentunya sangat berharga, bukan? Program backup akan menyimpan data sehingga kamu tidak perlu repot melakukan recovery data yang memakan waktu dan terkadang cukup mahal.
  • Ingat pepatah : Sedia payung sebelum hujan.
6 Program Penting yang Sering Terlupakan
Kamu bisa menggunakan berbagai software untuk mem-backup data, salah satunya adalah dengan menggunakan DropBox dan SyncBack. Simpan data – data berharga kamu disini sehingga apabila terjadi masalah, kamu memiliki cadangan data yang bisa diakses dengan mudah.

 2.Password Manager

Semakin mudahnya akses internet membuat makin banyak hal bisa dilakukan melalui internet. Email, akun social media, hingga internet banking memerlukan login dan password. Untuk pengamanan lebih, disarankan memiliki password yang berbeda pada setiap akun. Mengingat banyak password seperti itu tentunya tidak mudah. Bukan tidak mungkin ada ID atau password yang kamu lupakan. Karena itu, untuk memudahkan kamu, gunakan software password manager.
Alasan menggunakan Password Manager :
  • Tidak ada lagi istilah ‘lupa password’
  • Kamu bisa menggunakan password yang rumit dan berbeda untuk masing – masing akun sehingga data kamu menjadi lebih aman dibandingkan menggunakan 1 password yang sama
Pastikan kamu melakukan backup Password Manager untuk menghindari kehilangan data penting.

6 Program Penting yang Sering Terlupakan
Software Password Manager gratis yang bisa kamu gunakan antara lain LastPass dan KeePass. LastPass merupakan plugin browser yang akan mensinkronisasi data password kamu kapan saja dan dimana saja asalkan terhubung dengan internet. Sedangkan KeePass merupakan software Password Manager yang digunakan untuk menyimpan data secara lokal.

3.Aplikasi Update Software atau Driver

Seperti diketahui, kebanyakan orang sudah cukup waspada akan keamanan komputer dari serangan virus dan malware. Namun perlu diketahui bahwa terkadang terdapat celah keamanan pada software atau driver, sehingga pengembangnya seringkali melakukan update secara berkala untuk menyempurnakan hal ini.
Beberapa program memang memiliki fitur update otomatis, namun bagi software atau program yang tidak memiliki fitur ini, kamu memerlukan aplikasi update software atau driver tersendiri untuk memastikan kamu memiliki versi terbaru yang lebih baik.
Software yang direkomendasikan :
Update Software : Update Notifier
Update Driver : Device Doctor

4.Uninstaller

Tentunya kamu pernah mencoba beberapa software dan tidak pernah menggunakannya lagi, bukan? Terkadang setelah diinstall, program ini tidak pernah digunakan lagi. Software semacam ini lebih baik dihapus daripada mengurangi kapasitas hard disk kamu.
Alasan menggunakan software Uninstaller :
Windows sudah memiliki software uninstaller. Namun banyak software khusus uninstaller yang lebih maksimal, seperti Unlocker dan Revo Uninstaller.
Download Unlocker disini.

5.Defragmenter

Semakin lama digunakan, file system yang ada dalam komputer akan terus bertambah. Semakin banyaknya file system ini akan memperlambat kerja hard drive komputer kamu. Untuk mengembalikan performa hard drive kamu, maka perlu dilakukan defragmen hard drive secara berkala.
6 Program Penting yang Sering Terlupakan
Software apa yang direkomendasikan? Saya sarankan kamu menggunakan Defraggler atau Auslogic Disk Defrag.

6.Software Maintenance Sistem

Software maintenance akan menghilangkan file temporary atau tidak terpakai, membersihkan system dan mempercepat kinerjanya. Kebanyakan software maintenance sistem biasanya memiliki uninstaller, defragmenter dan perlindungan malware. Software ini akan memastikan komputer kamu berada dalam kondisi prima.
6 Program Penting yang Sering Terlupakan

Alasan menggunakan Software Maintenance Sistem  :
  • Menghilangkan file yang tidak terpakai dan mengembalikan free space hard drive
  • Memperbaiki gangguan pada sistem dan meningkatkan kecepatannya
  • Membersihkan file browser yang sering menumpuk
Software Maintenance Sistem gratis terbaik yang bisa kamu gunakan adalah CCleaner.

Lalu, apakah kamu sudah menggunakan program/software yang saya sebutkan?
Jika belum, silahkan untuk mendowloadnya. :)
Sumber : www.makeusof.com

2 comments:

Post a Comment

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif !
• Dilarang ngiklan di kolom komentar !
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]>