| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Sunday, July 28, 2013

On 4:20:00 AM by Muhammad Abdurrahman in ,    6 comments

SEO vs Konten

Sebelumnya aku udah pernah nulis SEO vs Konten yang edisi perdana, nah kali ini aku mau share lagi hasil diskusi sama guru-guru dibidang web.

Mungkin dari sekian banyak pengunjung blog ini, ada yang punya pikiran bahwa SEO is King!
Yang berfikiran seperti itu silahkan, tidak masalah kok jika anda berfikir begitu ^ ^. Tapi, aku punya pertanyaan untuk kamu, kenal Raditya Dika? Apa dia belajar SEO?

Apa sih fungsi dari SEO?

Fungsi SEO itu untuk biar masuk ke Pejwan, biar narsis di SERP, biar terkenal karena web kita udah berdiri kokoh tak tertandingi di mesin pencari (SE). Ya, itu jawaban benar, lebih benarnya adalah sebuah metode pengelolaan halaman web yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan mesin pencari. Itu kata mediablogger.
Aku balik ke pertanyaan tadi, apa Raditya Dika belajar SEO? tidak, malah kalau anda tanya ke dia apa itu SEO, dia ga tau apa-apa.

Nah terus, buat apa kita belajar SEO kalau Raditya Dika aja bisa dapet pengunjung banyak tanpa belajar SEO?

Sebelum aku jawab, ada permisalan dari bang Amdhas nih.
"Jika kita memperhatikan konten dan kemudahan pengguna maka website kita menjadi page one di hati penguna.
Namun...
Jika kita memperhatikan serp dan page one google saja maka website kita page one di hati google...
Facebok, twitter, tokobagus, google, wordpress adalah contoh situs yang berhasil page one di hati para penggunanya..
Pilih mana?
Page one di hati pengguna atau page one di hati google?"
Nah lohh, jadi kata kuncinya..??
"KONTEN"

Apa itu konten?

Konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Itu kata oom Wiki. Bahasa kasarnya isi website.

Balik ke persoalan, si Radit ga paham tentang SEO, tapi banyak pengunjung karena kontennya masuk ke hati pengunjungnya. Begitu juga dengan konten yang kamu punya di websitemu, mau seberapa hebat ilmu SEOmu tapi kalau ga sesuai dengan konten yang pengunjung cari, apa kata dunia?

Ada percakapan antara murid kepada gurunya.

M=Murid
G=Guru

M :"Kalau menurut bapak sendiri nih, SEO itu penting ga.? kan susah tuh biar web kita terkenal"
G :"Tergantung,relatiflah.. begini deh saya contohkan aplikasi payroll laporan keuangan misalnya
apa berkaitan sama SE?"
G :"payroll itu pembayaran atau bisa juga gaji gaji guru smk telkom misalnya, apa gaji dipublish?"
M :"Ga semua, ga berkaitan sama SE dan ga akan dipublish."
G :"ya maka dari itu, ga perlu juga semua orang tau lain cerita dengan portal smk telkom. Yang dimana dicari oleh calon murid atau dudi (Dunia Usaha Dunia Industri) butuh pencitraan, lain lagi ceritanya kamu bikin web kamu sudah pernah bikin web payroll untuk smk telkom? nah webnya kamu musti memperhatikan seo kenapa? agar ada orang lain/perusahaan lain yang melihat kelebihan kamu, buat apa? ada tawaran. Lagi, kembali ke tujuan awalnya janganlah kita menggunakan nuklir hanya untuk membunuh seekor semut
#kecuali semutnya dewa :v"

So, kesimpulannya adalah....

"KONTEN IS KING"
Dimana SEO..??
"SEO IS QUEEN" 
Seorang raja juga butuh pendamping kan.. Nah, pada akhirnya kita harus berfikir terlebih dahulu sebelum kita belajar lebih jauh mengenai SEO. Tergantung konten web kita lah.

Semoga bermanfaat ^ ^

6 comments:

Post a Comment

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif !
• Dilarang ngiklan di kolom komentar !
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]>