| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Sunday, October 21, 2012

On 12:53:00 AM by Muhammad Abdurrahman in ,    6 comments
Alhamdulillah bisa ngepos terus setiap hari berkat Fitur-Fitur yang ada di Blog.
Kali ini saya masih membahas tentang Blogging. Dan lebih tepatnya adalah Bagian-Bagian Template Blogger.
Sedikit mencuil dari Blog sebelah dan dengan tambahan ilmu yang Saya punya, Saya akan detailkan tentang Template atau Code HTML.

HTML itu adalah kependekan dari Hyper Text Markup Language, yang artinya tata cara murni yang dapat dibuat dengan editor web sembarang, seperti Notepad. Dokumen ini akan dieksekusi oleh sebuah browser (mis. Internet Explorer), seingga browser mampu menghasilkan suatu dokumen yang sesuai dengan keinginan seorang designer atau programmer web. Dokumen ini mempunyai kemampuan untuk menampilkan gambar, suara, teks, maupun penyediaan link terhadap halaman web lainnya, baik dengan alamat yang sama maupun dengan alamat yang berbeda.


<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd">
<html expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
  <head>

<!-- PELETAKAN KODE META TAG DSS - DKK -->

<b:skin><![CDATA[
/* --------- PELETAKAN KODE CSS BLOGGER --------- */
]]></b:skin>

<!-- PELETAKAN KODE SCRIPT -->

</head>
<body>

<!-- PELETAKAN SEMUA KODE HTML -->

</body>
<html>

<!-- PELETAKAN KODE META TAG DSS - DKK -->

disitu kita bisa menambahkan meta tag (meta tag : cara menyampaikan infomasi penting ke search engine(Mesin Pencari) mengenai informasi suatu halaman) dalam markup berada diatas kode <b:skin><![CDATA[.

/* --------- PELETAKAN KODE CSS BLOGGER --------- */

oke, disini di bagian mark-up antara <b:skin><![CDATA[ sampai ]]></b:skin>. Diantar kode tersebut kita bisa melettakan kode CSS (CSS : suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu website, baik tata letak, jenis huruf, warna, dan semua yang berhubungan dengan tampilan atau gaya suatu web) sepuasnya tanpa batas, yang penting jangan dimasuki selain CSS yah, entar gak jalan yang kalian masukkan itu xD.

<!-- PELETAKAN KODE SCRIPT -->

nah kalau dibagian antara ]]></b:skin> sampai </head> digunakan untuk memasukan script-script internal maupun exsternal, maksudnya bisa dari dalam atau dari luar (host). Cara memasukan script yang benar <script type='text/javascript'> isi kode </script>. Sebenarnya selain script juga bisa, misalnya CSS yang diapit sama tag kondisional blogger.

<!-- PELETAKAN SEMUA KODE HTML -->


kalau bagian terakhir ini digunakan untuk memasukan kode markup html yang menentukan hasilnya. Ini merupakan tempat sekumpulan html yang digunakan untuk memunculkan tampilan dari sebuah elemnt. daerah kekuasaannya ada diantara <body> sampai </body>.

Itu semua hanya Dasar-Dasar Pemaham Code HTML atau Template, jika Anda bisa paham dan menguasai Code HTML diatas maka Anda bisa menjadi seorang Blogger handal. Tetapi jika Anda ingin belajar lebih detail lagi mari kita lakukan.

Jika Anda mencentang/meng-klik Expand Template Widget yang berada disebelah kiri atas, maka Code HTML akan bertambah. Maksud dari tujuan meng-klik Expand Template Widget adalah agar kita dapat melihat Widget yang berada di Page Elemen/Tata Letak. Dan biasanya, orang sering memakai Ini untuk mencari <data:post.body/></div>. Maksud dari code itu adalah jika kita menambha suatu script atau text script maka otomatis hanya akan masuk di postingan ita tidak pada HomePage Blog kita. Anda bisa Mempelajarinya di Cara Membuat Widget Hanya Pada Home Page atau Posting Saja. Silahkan Pelajari dan SUKSES selalu untuk Blog Anda. :)

6 comments:

Post a Comment

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif !
• Dilarang ngiklan di kolom komentar !
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]>