| Portal berita | Technologi Information |
Teknik Komputer |

Tuesday, July 16, 2013

On 11:54:00 PM by Muhammad Abdurrahman in    No comments
Halo Sobat BS.
Langsung aja nih, tahu ga Sobat, kalau Sobat berlama-lama di depan komputer, resiko terlalu lama di depan komputer/PC itu emang banyak. Tapi ada kelebihannya juga loh. Cuma nge-klik mouse bisa bakar kalori. Percaya ga?! Langsung aja baca artikel uniknya.

Bagi orang yang bekerja di depan komputer, kekhawatiran tidak bisa mendapatkan cukup olahraga sering merayap dalam pikiran mereka. Tapi tak perlu khawatir, karena dengan mengklik mouse saja Anda sudah bisa membakar kalori.

Seorang pria dewasa rata-rata harus membakar sekitar 2.000 kalori per hari, sedangkan wanita dewasa harus menggunakan sekitar 1.700 kalori per hari. Angka ini bervariasi sesuai dengan umur, aktivitas dan berat badan seseorang.

Meski tak sebanyak olahraga, melakukan kegiatan sehari-hari seperti mengklik mouse komputer ternyata juga bisa membantu membakar kalori. Lalu berapa banyak kalori yang dibakar?

Selain menyediakan jumlah kalori untuk makanan, 'Convert Anything to Calories' (PHP Science World) yang baru-baru ini telah diterbitkan, juga menghitung jumlah kalori yang dibakar melalui berbagai aktivitas dan peristiwa, di mana Anda dapat menemukan kajian ilmiah untuk jumlah kalori yang digunakan saat mengklik mouse.

Secara teknis dan metode, penulis menghitung bahwa total volume otot-otot yang digunakan untuk menekuk jari telunjuk saat mengklik mouse adalah 10,8 cm kubik dengan berat total 11,7 gram.

Rata-rata, 16,7 micromole ATP (Adenosine triphosphate) dikonsumsi dalam bergerak satu gram otot selama satu detik. Jadi, jumlah total ATP dibakar untuk memindahkan 11,7 gram otot di jari telunjuk adalah sekitar 195 micromole (11,7g × 16,7μ mol/g). Ada 7,3 kalori dalam satu mol ATP energi, sehingga jumlah kalori yang dibakar dalam mengklik mouse setara dengan sekitar 1,42 (7,3/1000 X 195).

Artinya, kurang lebih 1,42 kalori bisa terbakar tiap kali Anda mengklik mouse, seperti dilansir Rocketnews24, Jumat (5/4/2013).

Jumlah ini memang jauh lebih kecil dibandingkan jika Anda benar-benar menggerakkan badan untuk beraktivitas fisik dan olahraga. Namun setidaknya ini memberikan kabar baik bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan hari di depan komputer.


Tapi untuk mendapatkan tubuh yang sehat, sebaiknya Anda tetap harus membakar kalori melalui aktivitas fisik. Bagi yang lebih banyak menghabiskan hari di depan komputer, melakukan latihan sederhana juga bisa dilakukan di meja kantor.

Sumber : (AchmadRizali.blogspot.com)

0 comments:

Post a Comment

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif !
• Dilarang ngiklan di kolom komentar !
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">... KODE ...</i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]>